Akhirnya, LRT Jabodetabek Resmi Dibangun

0
Peta rencana jalur LRT Jabodetabek
Peta rencana jalur LRT Jabodetabek

Setelah melalui berbagai proses dan menunggu kepastian keluarnya Peraturan Presiden (Perpres), akhirnya proyek kereta api (KA) ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabotabek mulai resmi dibangun pada Rabu (9/9/2015). Pembangunan proyek LRT Jabodetabek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo beserta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Gubernur DKI Jakarta beserta Jawa Barat. Proyek ini digarap oleh konsorsium BUMN yang dipimpin oleh PT Adhi Karya.

Rencananya jalur kereta ringan ini akan membentang diatas jalan tol Jagorawi dari Cibubur dan jalan tol Jakarta-Cikampek dari Bekasi Timur. Proyek ini diperkirakan menelan biaya pembangunan sebesar 23 Triliun Rupiah. Berikut ini adalah contoh hasil rendering dari proyek LRT Jabodetabek

CNG3HvxUsAAafcl
Design Stasiun LRT Cawang
Design Stasiun LRT Dukuh Atas
Design Stasiun LRT Dukuh Atas

Adanya LRT Jabodetabek ini akan memberikan pilihan baru moda transportasi massal yang cepat, aman dan efisien bagi para masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar DKI Jakarta. Kehadiran LRT yang menjangkau wilayah-wilayah sulit angkutan umum tentunya menjadi solusi baru yang memudahkan warga DKI Jakarta dan sekitarnya.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.