BAGIKAN

Apakah pernyataan bahwa Cowboy Bebop itu anime moe terasa sebagai hal yang mengherankan? Kalau mengingat reputasi Bebop sebagai anime “edgy” yang isinya cowok manly memburu kriminal, tembak-tembakan dengan senjata api dan sebagainya; nampaknya memang kontras sekali jika dibandingkan dengan anime macam K-On! yang isinya cewek imut, hobi ngeteh dan makan kue. Namun, ketidaksesuaian itu hanya berlaku jika “moe” sekedar diartikan sebagai hal yang imut dalam pengertian konvensional. Jika dilihat dari sudut pandang lain, sebenarnya karakter-karakter dalam Cowboy Bebop dapat dibaca sebagai arketip karakter moe yang dapat menimbulkan afeksi dan kepedulian penonton kepada mereka sebagai karakter fiksi. Sebagaimana Hikaru Higashimura dapat membaca karakter-karakter dari novel karya Osamu Dazai (1909-1948) sebagai moe, marilah ktia coba telaah karakteristik para karakter utama kru kapal Bebop sebagai arketip moe.

Spike Spiegel: Masa Lalu yang Kelam

Spike

Sang tokoh utama meninggalkan masa lalu sebagai pembunuh bagi sebuah sindikat setelah terlibat dalam hubungan yang rumit dengan seorang wanita dan rekan kerja yang keji. Namun urusan masa lalu itu tak hentinya menghantui dan mengganggu dirinya hingga ke masa kini. Beban masa lalu dan rasa penyesalan yang ia tanggung dan sulit dilepaskan itu menjadikannya karakter yang menimbulkan rasa iba bagi penonton.

Jet Black: Oyaji-Moe

Advertisement Inline

Jet

Jet yang umurnya sudah cukup senior ini sesungguhnya adalah orang yang idealis. Ia punya prinsip kejujuran yang kuat dan tetap berpegang teguh padanya sekalipun dalam lingkungan yang penuh tipu daya dan kebohongan. Karenanya ia om-om yang masih menyimpan sisi tulus dan polos seperti anak-anak. Ditambah lagi penampilannya yang garang dikontraskan dengan sisi lembut yang ditunjukkan melalui keahliannya memasak dan hobi merawat bonsai. Sungguh menggemaskan.

Faye Valentine: Asal-Usul Misterius

Faye Faye

Wanita muda yang asal-usulnya tidak diketahui, entah berasal dari mana. Jati dirinya tertutup oleh tabir misteri yang ia pun tidak ketahui kebenarannya; mengundang rasa penasaran terhadap dirinya. Ia pun sulit melepas diri dari latar belakang masa lalunya, walaupun kebenaran masa lalunya selalu mengelak dari dirinya.

Radical Edward: Cewek Nyentrik

Edward airhead

Remaja putri berumur 13 tahun yang jago dengan komputer ini seperti berada di gelombangnya sendiri. Sangat ceria, membuat sendiri nama yang nyeleneh seperti bocah chūni, suka bergelantungan terbalik, tidak senang memakai sepatu, bisa mengetik dengan jari kaki… . Kemampuannya berguna bagi kru Bebop yang lain dalam beberapa kesempatan, tapi secara umum ia seperti asik dan bahagia dalam dunianya sendiri. Karakter comic relief yang menggemaskan.

Papa
Semakin moe saat berdua

Ein: Bagian dari Keluarga

Ein

Anjing yang konon telah diutak-atik melalui eksperimen. Tidak jelas bagaimana eksperimen itu mengubahnya, namun nampaknya ia memang lebih cerdas dari anjing biasa. Yang jelas, hingga menjelang akhir cerita, ia adalah bagian tak terpisahkan dari kru Bebop, seperti anggota keluarga. Ia mungkin tak dapat berbicara, tapi kehadirannya tetap tak ubahnya seperti kehadiran karakter manusia. Tiada kesan tanpa kehadiran Ein, dan kepergiannya membuatnya dirindukan.

Bebop family

Begitulah karakter-karakter dari Cowboy Bebop dapat merengkuh afeksi dari penontonnya. Tapi penjelasan di atas bukanlah satu-satunya kemungkinan yang ada untuk menemukan moe dalam Cowboy Bebop. Kalau mengingat bahwa fujoshi juga memiliki perspektif mereka sendiri mengenai moe, alternatif lain yang bisa muncul adalah membaca hubungan di antara karakter-karakter cowok dalam Bebop sebagai hubungan yaoi yang moe. Di antara Spike dan Vicious, siapakah yang cocok untuk menjadi seme dan uke-nya?

Spike Vicious
Pasangan mesra sejak sebelum zaman Shizuo dan Izaya

 

KAORI Newsline | oleh Halimun Muhammad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.