BAGIKAN
Sumber Foto

Salah satu perusahaan swasta di Amerika Serikat, XpressWest dan perusahaan kereta api China mengumumkan rencana kerja sama berupa joint venture pada tanggal 17 September 2015. Kerja sama ini meliputi pengembangan, pembangunan dan pengoperasian kereta api cepat sepanjang 370 km dari Los Angeles hingga Las Vegas.

Sumber Foto
Sumber Foto

Jaringan kereta api di bagian barat daya akan dibuat stasiun kereta api di Las Vegas, Victorville dan Palmdale dimana stasiun-stasiun tersebut akan terintegrasi dengan kereta api Metrolink ke Los Angeles. Proyek ini dimaksudkan untuk mendorong pengembangan ekonomi baru dan menumbuhkan industri pariwisata yang sangat penting bagi perekonomian daerah serta akan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

China Railway International USA Co. adalah perusahaan konsorsium yang merupakan gabungan dari China Railway International Co, China Railway Group, CRRC Qingdao Sifang, China Construction America, CREEC USA dan CRSC International.

Advertisement Inline

Sebelumnya dikenal sebagai DesertXpress, XpressWest adalah perusahaan swasta yang dipimpin oleh perusahaan Marnell yang telah mengembangkan rencana pembangunan kereta api cepat Las Vegas – Los Angeles sejak tahun 2005.

XpressWest sudah memperoleh izin dari Pemerintah Federal dan persetujuan Badan Transportasi Darat AS. Ada hasil studi yang menunjukkan bahwa ke depannya ada pasar penumpang kereta yang kuat untuk koridor tersebut.

Kerja sama ini bermodal awal sebesar $100m dan rencananya akan mulai dikerjakan pada awal September 2016.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.