BAGIKAN

si kabayan

Usyah Budin. Komikus asal Bandung yang sebelumnya terkenal dengan komik cerita silat Pendekar Bambu Kuning kini kembali merilis komik terbarunya yang kali ini mengangkat sosok legendaris asal Sunda, Si Kabayan.

Kabayan merupakan tokoh imajinatif dari budaya Sunda yang juga telah menjadi tokoh imajinatif masyarakat umum di Indonesia. Polahnya dianggap lucu, polos,tetapi sekaligus cerdas. Cerita-cerita lucu mengenai Kabayan di masyarakat Sunda dituturkan turun temurun secara lisan sejak abad ke-19 sampai sekarang yang telah diangkat ke dalam bentuk karya dari karya tulis hingga film. Seluruh cerita Kabayan juga menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda yang terus berkembang sesuai zaman.

Advertisement Inline

Usyah Budin adalah komikus yang terkenal dengan karyanya bertajuk Pendekar Bambu Kuning. Komik ini berceritakan mengenai petualangan Madi Sembada atau yang lebih dikenal dengan julukan Pendekar Bambu Kuning dalam menumpas kejahatan dan kemunafikan dengan segala kesaktian ilmu silatnya. Petualangan Madi inipun juga sempat diangkat ke dalam bentuk Movie yang dibintangi oleh Ratno Timoer pada tahun 1971.

Saat ini dirinya masih aktif dalam industri komik di antaranya sempat melanjutkan komik Pendekar Bambu Kuning di bawah penerbit AIU Comic yang berpusat di kota Bandung.

Saat ini sudah ada tiga judul komik Si Kabayan yang telah dirilis Usyah Budin, di antaranya Si Kabayan dan Batu Akik, Si Kabayan Dukun Palsu, dan Si Kabayan dan Tukang Gentong. Masing-masing judul memiliki jumlah halaman yang beragam dari 31 hingga 51 halaman.

Bagi yang tertarik untuk membelinya, cukup menghubungi Usyah Budin langsung atau Toko Buku Ikhlas Media, Jalan Soekarno Hatta 825 Bandung, telp : 082115724676. Persediaan terbatas. Koleksi lain akan menyusul terbit segera.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.