Usyah Budin Kembali Berkarya: Mengangkat Kisah Ciung Wanara

0

cuing wanara

Melalui akun Facebooknya, Komikus Usyah Budin akan kembali berkarya dengan karya terbarunya yang kali ini akan mengangkat cerita rakyat Ciung Wanara.

Usyah Budin adalah komikus yang terkenal dengan karyanya bertajuk Pendekar Bambu Kuning. Komik ini berceritakan mengenai petualangan Madi Sembada atau yang lebih dikenal dengan julukan Pendekar Bambu Kuning dalam menumpas kejahatan dan kemunafikan dengan segala kesaktian ilmu silatnya. Petualangan Madi inipun juga sempat diangkat ke dalam bentuk Movie yang dibintangi oleh Ratno Timoer pada tahun 1971.

Saat ini dirinya masih aktif dalam industri komik di antaranya sempat melanjutkan komik Pendekar Bambu Kuning di bawah penerbit AIU Comic yang berpusat di kota Bandung.

Ciung Wanara adalah legenda di kalangan orang Sunda di Indonesia. Cerita rakyat ini menceritakan legenda Kerajaan Sunda Galuh, asal muasal nama Sungai Pamali serta menggambarkan hubungan budaya antara orang Sunda dan Jawa yang tinggal di bagian barat provinsi Jawa Tengah. Cerita ini berasal dari tradisi cerita lisan Sunda yang disebut Pantun Sunda, yang kemudian dituliskan ke dalam buku yang ditulis oleh beberapa penulis Sunda, baik dalam bahasa Sunda dan bahasa Indonesia.

Legenda ini adalah cerita rakyat Sunda untuk menjelaskan asal nama Sungai Pamali, serta untuk menjelaskan asal usul hubungan orang Sunda dengan orang Jawa; tentang dua bersaudara yang bersaing dan memerintah di pulau yang sama (Jawa). Menurut keyakinan ini, orang Sunda menganggap orang Jawa sebagai saudara mereka yang lebih tua, walaupun kerajaan di tanah Sunda (Kerajaan Galuh) lebih tua dari kerajaan yang didirikan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini kemudian berhubungan dengan fakta sejarah bahwa kerajaan tertua di Jawa memang terletak di Jawa Barat, yaitu Kerajaan Tarumanagara.

Belum ada informasi lebih lanjut kapan cerita Ciung Wanara versi Usyah Budin ini akan resmi dirilis.

Sebelumnya Usyah Budin sendiri juga pernah mengangkat kisah Ciung Wanara dalam salah satu komiknya, bekerjasama dengan Rini Kurniasih dan sempat diterbitkan oleh Pustaka Setia. Adapun kisah Ciung Wanara sendiri juga pernah diangkat ke dalam komik oleh beberapa Komikus lainnya seperti RA Kosasih dan Wid NS. Belum jelas apakah kisah Ciung Wanara yang akan diterbitkan kembali oleh Usyah Budin adalah komik yang sama sebagaimana yang pernah dibuat olehnya dahulu atau sebuah komik baru.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.