Keren! Jalur KA Trans Sulawesi Akan Punya Jembatan Diatas Laut

1
Jalur KA Trans Sulawesi yang berada diatas laut

Salah satu proyek kereta api yang sedang dibangun pemerintah, yaitu KA Trans Sulawesi akan memiliki jalur yang eksotik. Jika selama ini kita mengetahui jalur yang berada di tepi laut hanya berada di Plabuan, Batang, Jawa Tengah. Namun nantinya jalur KA Trans Sulawesi akan memiliki jalur yang lebih indah. Tak hanya berada di tepi pantai, namun juga akan berada di atas laut melalui jembatan.

Jalur jembatan diatas laut itu akan berada di Pantai Kupa, Kabupaten Barru. Tak hanya memiliki jembatan diatas laut, kabarnya tak jauh dari Pantai Barru juga akan memiliki terowongan yang membelah bukit.

Jalur KA Trans Sulawesi tahap pertama ini membentang sepanjang 154 km dari Makassar menuju Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Mulai dibangun tahun 2015, rencana jalur ini akan selesai tahun 2018. Proyek ini akan menelan anggaran Rp9,65 Triliun, yang bersumber dari APBD dan APBN. Anggaran tersebut nantinya dialokasikan untuk pembebasan lahan, prasarana KA, fasilitas penunjang, serta pengadaan sarana berupa lokomotif, kereta dan gerbong.

Untuk spesifikasi jalur, Trans Sulawesi memiliki perbedaan dibandingkan jalur KA di Jawa dan Sumatera. Jika di Jawa dan Sumatera menggunakan jalur dengan lebar rel 1067 mm atau biasa disebut Cape Gauge maka untuk KA Trans Sulawesi akan menggunakan Standard Gauge atau lebar rel 1435 mm dan menggunakan rel tipe R60. Dengan rel yang lebih lebar, maka tekanan gandarnya mencapai 25 ton, atau lebih besar dibandingkan dengan di Jawa dan Sumatera. Selain itu, jalur Trans Sulawesi ini hampir seluruhnya menggunakan komponen lokal. Diantaranya menggunakan bantalan beton buatan PT WIKA, sistem persinyalan buatan PT LEN, dan penambat rel atau pandrol buatan PT PINDAD. Hanya batang rel saja komponen yang masih diimpor dari Jepang karena industri dalam negeri masih belum bisa memproduksi baja untuk bahan batang rel.

Berikut ini video preview pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses