Akhirnya, KRL Formasi 10 Kereta Dioperasikan Ke Bekasi

0
KRL seri 205 formasi 10 kereta. Rangkaian formasi 10 kereta mulai beroperasi 24 Desember 2015 di jalur Bekasi

Mulai tanggal 24 Desember 2015, layanan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line di jalur Bekasi dengan relasi Bekasi – Manggarai – Jakarta Kota P.P. akan menggunakan 2 rangkaian KRL formasi 10 kereta, menggantikan 2 rangkaian KRL formasi 8 kereta. Langkah ini diambil menyusul rampungnya seluruh pekerjaan pemanjangan peron di jalur tersebut.

Uji coba perjalanan KRL seri 205 dengan formasi 10 kereta di stasiun Bekasi, tahun 2014 lalu
Uji coba perjalanan KRL seri 205 dengan formasi 10 kereta di stasiun Bekasi, tahun 2014 lalu

Selama ini, KRL Commuter Line di jalur Bekasi menggunakan KRL dengan formasi 8 kereta, dan pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2015, beredar 13 rangkaian KRL formasi 8 kereta yang melayani 158 perjalanan pulang-pergi (P.P.) setiap harinya. Dengan dioperasikannya 2 rangkaian KRL formasi 10 kereta di jalur Bekasi maka akan ada 11 rangkaian KRL formasi 8 kereta dan 2 rangkaian KRL formasi  10 kereta yang melayani jalur tersebut.

2 rangkaian KRL formasi 10 kereta tersebut akan melayani 26 perjalanan relasi Bekasi – Jakarta Kota P.P. di jalur Bekasi. Dalam rilis resminya di media sosial Twitter, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengunggah daftar nomor perjalanan KA yang menggunakan KRL dengan formasi 10 kereta. Berikut diantaranya:

Daftar nomor perjalanan berikut jadwal KRL jalur Bekasi yang menggunakan rangkaian KRL formasi 10 kereta | Grafis : KCJ (@CommuterLine)
Daftar nomor perjalanan berikut jadwal KRL jalur Bekasi yang menggunakan rangkaian KRL formasi 10 kereta | Grafis : Twitter resmi KCJ (@CommuterLine)

Manager Corporate Communication KCJ, Eva Chairunnisa yang dihubungi KAORI Rabu (23/12) malam membenarkan rencana pengoperasian KRL formasi 10 kereta ini di jalur Bekasi.
Fixed, (dioperasikan) 2 rangkaian.” tuturnya dalam pesan singkat kepada KAORI.

Diharapkan pengoperasian KRL formasi 10 kereta di jalur Bekasi ini akan menambah kapasitas angkut di jalur tersebut, mengingat penumpang jalur Bekasi saat ini sudah mengalami peningkatan yang cukup pesat, dan jadwal perjalanan masih terbatas karena harus berbagi lintasan dengan KA jarak jauh.

Cemplus Newsline by KAORI | Faris Fadhli

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses