Perkeretaapian Malaysia Operasikan KA Kontainer Sepanjang 120 Gerbong

0
Lokomotif seri 26 Class "Blue Tiger" | by Kelvin Khew (Facebook)

Pada tanggal 27 Januari 2016, untuk pertama kalinya di Malaysia dijalankan rangkaian KA barang kontainer dengan jumlah gerbong mencapai 120 gerbong. Perjalanan perdana ini sekaligus memecahkan rekor sebelumnya dimana rangkaian KA barang kontainer hanya membawa 50 gerbong kontainer pada Oktober 2010. Rekor ini sekaligus menjadikan KA tersebut sebagai KA Kontainer terpanjang di Asia Tenggara.

KA barang kontainer dengan nomor KA 3188 itu berstamformasi 1 lokomotif seri 26 Class (26118), 120 gerbong kontainer, 1 kereta Event, 1 gerbong pembangkit dan 1 lokomotif seri 26 Class (26116). Lokomotif seri 26 Class (26118) yang berada di depan rangkaian KA menjadi satu-satunya lokomotif penarik. Sedangkan lokomotif seri 26 Class (26116) yang berada di akhir rangkaian dalam kondisi standby. Kereta Event yang dimaksudkan disini adalah kereta yang digunakan untuk mengakomodasi tamu undangan dan media yang ikut dalam perjalanan KA tersebut.

KA barang kontainer ini memulai perjalanannya dari Stasiun Pelabuhan Klang pada pukul 22.00 waktu Malaysia menuju Stasiun Padang Besar. Peresmian KA kontainer ini dihadiri dan diresmikan oleh Datuk Sarbini Tijan.

Menurut informasi yang KAORI dapatkan dari rekan Railfans disana, KA tersebut tidak beroperasi secara reguler. KA barang tersebut ternyata hanya rangkaian Kereta Luar Biasa (KLB).

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.