BAGIKAN

Kereta Api (KA) bawah tanah atau sering disebut juga dengan nama subway, merupakan salah satu varian dari kereta api. Subway ini biasanya digunakan di kota-kota besar yang minim lahan untuk pembuatan jalur kereta api.

Mungkin sebagian besar dari kita sudah cukup merasa pusing apabila melihat peta rute subway di Tokyo, Jepang. Ternyata, peta rute subway di Tokyo bukanlah peta yang paling rumit di dunia. Masih banyak rute-rute subway di dunia yang mempunyai kerumitan hampir sama atau bahkan melebihi subway milik Tokyo!

Berikut 15 daftar peta rute subway paling rumit di dunia:

Advertisement Inline

1) New York

Peta New York Subway | Sumber: Wikipedia
Peta New York Subway | Sumber: Wikipedia

New York City Subway adalah salah satu sistem tranportasi publik yang paling lengkap di seluruh dunia. Rute subway milik kota New York ini telah berkembang jauh dari 28 stasiun ketika didirikan pada bulan Oktober stasiun 1904 menjadi 462 stasiun saat ini. Kereta bawah tanah ini mengantar 4,9 juta orang setiap harinya sepanjang perjalanannya. Sistem subway ini berfungsi sangat efektif untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Tercatat tidak sampai 50% penduduk kota New York mempunyai kendaraan roda empat.
Berbeda dengan sistem yang lain yang biasanya hanya bekerja 12 jam sehari, New York City Subway ini bekerja selama 24 jam sehari.

2) Paris

Peta Subway di Paris | Sumber: http://www.aparisguide.com/
Peta Subway di Paris | Sumber: http://www.aparisguide.com/

Sistem kereta bawah tanah Paris merupakan sistem subway kedua tertua yang ada di dunia (sistem pertama selesai pada 1900) dan kini subway ini melayani sekitar 4,5 juta orang per hari. Dengan total panjang rel lebih dari 133,7 kilometer dan memiliki 380 stasiun pemberhentian, subway di Paris ini memiliki jangkauan yang besar hingga seluruh penjuru kota. Letak stasiun subway milik Paris ini juga cukup strategis yang mana jarak bangunan lain di sekitar stasiun tidak lebih dari 500 m. Banyak stasiun subway di Paris ini dirancang dengan khas gaya seni nouveau yang cukup unik.

3) Tokyo

Peta Subway milik Tokyo Metro | Sumber: http://mapsof.net/
Peta Subway milik Tokyo Metro | Sumber: http://mapsof.net/

Sistem kereta bawah tanah Tokyo ini melayani sekitar 2,8 miliar orang per tahun atau 7,7 juta orang per hari ke 282 stasiun. Selain kereta bawah tanah, sistem transit Tokyo terdiri dari Arakawa Toden Rail dan Ueno Zoo Monorail. Seperti pada umumnya, Kereta selalu berhenti di posisi yang sama sesuai markanya agar penumpang dapat naik dan turun dengan nyaman. Selain itu, Pemberitahuan informasi stasiun selalu diumumkan dalam dua bahasa yaitu Jepang dan Inggris untuk memudahkan bagi turis yang hendak bepergian menggunakan subway ini. Selain itu, di stasiun milik Tokyo Metro juga memiliki mall bawah tanah dan fasilitas pelanggan yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang sedang berada di stasiun.

Selain dari peringkat 3 teratas, berikut kota peringkat 4 hingga 15  untuk kerumitan rute subway-nya:

4) London
5) Madrid
6) Barcelona
7) Moscow
8) Seoul
9) Shanghai
10) Mexico City
11) Berlin
12) Chicago
13) Osaka
14) Beijing
15) Hong Kong

Cemplus Newsline by KAORI

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.