Senin (29/2), South Hokkaido Railway Company merilis desain kereta wisata yang terbaru. Kereta wisata yang terdiri dari satu kereta per rangkaiannya ini mengangkat kearifan lokal masyarakat wilayah Hokkaido bagian selatan pada desainnya. Pengoperasian kereta wisata ini diharapkan akan mendongkrak pendapatan perusahaan tersebut.

Rencananya, kereta wisata ini akan beroperasi pada jalur Esashi milik Japan Railway (JR) yang menghubungkan antara Hakodate dengan Kikonai dengan panjang lintasan sepanjang 37.8 kilometer. Dan juga kereta wisata ini direncanakan akan dioperasikan bersamaan dengan diresmikannya jalur JR Hokkaido Shinkasen pada tanggal 26 Maret mendatang.

Kereta api dengan warna biru-navy ini akan diberi nama “Nagamare-go” dengan jumlah tempat duduk sebanyak 50 kursi yang didekorasi dengan menangkat pesona pemandangan gunung Hakodateyama yang dapat dilihat dari kota Hakuto dan pemandangan api yang berkedip dari kapal penangkapan cumi-cumi di selat Tsugaru. Nagamare sendiri berarti relax atau santai yang berasal dari dialek masyarakat lokal. Dituturkan oleh Suguru Takada, arsitek di Hakodate yang mendesain kereta ini, bahwa ia mencoba menyatukan perasaan orang-orang tentang bepergian dengan kereta api dalam pendekatan desainnya.

Advertisement Inline

Kereta wisata ini merupakan proyek kolaborasi antara South Hokkaido Railway Company dengan Nippon Travel Agency. Sebanyak 12 perjalanan dari Hakodate telah disiapkan untuk akhir pekan diantara akhir bulan Mei dan Oktober. Kereta ini akan berangkat dari stasiun JR Hakodate setelah jam 4 sore menuju stasiun Kikonai. Di stasiun Kikonai, penumpang dipersilahkan untuk meninggalkan kereta untuk sekedar berjalan-jalan. lalu sekitar jam 8 malam kereta ini akan kembali menuju stasiun Hakodate.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.