Senin (14/3), Kereta Api (KA) antar negara bagian milik AMTRAK Southwest Chief yang membawa 12 Kereta penumpang, anjlok 8 Kereta di barat daya Kansas.

Pihak AMTRAK mengatakan, KA tersebut mengangkut penumpang dari Los Angeles ke Chicago ini tak lama anjlok setelah berangkat dari Dodge City dini hari waktu setempat. Dodge City berjarak sekitar 150 Mil dari Kota Wichita, Kansas. KA tersebut membawa 131 Penumpang dan 14 Awak KA.

Regu Penyelamat Sedang Mengevakuasi Penumpang. Sumber chicagotribune.com
Regu Penyelamat Sedang Mengevakuasi Penumpang | Sumber chicagotribune.com

Pejabat setempat belum bisa mengatakan apa penyebab terjadinya anjlok tersebut. Namun KNKT setempat telah mengirimkan tim untuk mengusut kejadian ini. Pihak yang berwenang menyebutkan bahwa seorang masinis melihat lengkungan di sekitar rel yang menyebabkan kereta tersebut melakukan pengereman darurat hingga akhirnya terguling. Namun, hingga saat ini penyelidikan masih terus dilakukan.

Pejabat Federal Transportasi setempat menyatakan penyelidikan akan terfokus pada pemeriksaan kondisi jalur rel serta merencanakan untuk menganalisa data rekaman yang tersimpan. Sedangkan Pemerintah lokal setempat mengatakan mereka sedang memeriksa kondisi cuaca sekitar maupun kondisi kereta sebelumnya yang melintas yang mungkin mengakibatkan kerusakan pada kondisi jalur.

Sebanyak 32 Penumpang dilarikan ke Rumah Sakit sekitar untuk dilakukan perawatan medis. Dua orang yang mengalami kritis langsung diangkut dengan helikopter menuju rumah sakit Amarillo, Texas, Sedangkan 4 Orang diperbolehkan pulang pada Senin sore waktu setempat. Sementara penumpang yang tidak terluka dibawa ke Cimarron Community Center, Kansas menunggu dari pihak AMTRAK untuk membuat mengakomodasikan mereka untuk ke tempat tujuan.

Penumpang Lainnya Yang Sudah Dievakuasi. Sumber chicagotribune.com
Penumpang Lainnya Yang Sudah Dievakuasi | Sumber chicagotribune.com

Masalah keselamatan di perusahaan AMTRAK kembali mencuat setelah insiden anjlok yang mematikan di Philadelphia tahun lalu. Namun, Menurut data yang dikeluarkan oleh The Federal Railroad Admininstration, selama 30 kali dalam setahun pada dekade terakhir, angka kematian pada insiden anjlok cenderung jarang.

 Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.