BAGIKAN

India baru saja meresmikan kereta api dengan kecepatan semi cepat pertamanya.  Menteri Perkeretaapian India Suresh Prabhu meresmikan kereta api (KA) Gatimaan Ekspres pada Selasa (5/4) lalu.

Gatimaan Ekspres merupakan KA berkecepatan semi cepat yang menghubungkan antara stasiun Hazrat Nizamuddin dengan stasiun Agra Cantonment sepanjang 188 km. Rute tersebut kini dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 40 menit dengan kecepatan maksimal 160 km/jam. Sebelumnya, rute tersebut ditempuh selama lebih dari 2 jam.

Prabhu juga telah menyiapkan rencana lanjutan terkait kereta api berkecepatan semi cepat berikutnya. Hal tersebut pernah disampaikannya ketika mengumumkan anggaran perkeretaapian India pada 25 Februari silam. Chennai, Kalkutta, Delhi dan Mumbai rencananya akan dilewati kereta api dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam.

Papan nama Kereta Api Gatimaan Express dalam bahasa India | Sumber: railwaygazette.com
Papan nama Kereta Api Gatimaan Express dalam bahasa India | Sumber: railwaygazette.com
Advertisement Inline

KA Gatimaan Ekspres akan berjalan setiap hari kecuali hari Jum’at. Di hari operasinya, KA ini dijadwalkan berangkat dari Stasiun Hazrat Nizamuddin pada pukul 08.10 dan tiba di stasiun Agra Cantonment pada pukul 17.50.

Kereta api Gatimaan Ekspress memiliki stamformasi 1 lokomotif listrik seri WAP-5, 2 kereta kelas Eksekutif dan 8 kereta kelas reguler yang seluruhnya berpendingin udara (AC), produksi industri pembuat KA India, Rail Coach Factory di Kapurthala. Kereta-kereta tersebut telah dimodifikasi bagian penyambung kereta (coupler) yang memberikan kesan halus saat berjalan di kecepatan 160 km/jam. Selain itu dilengkapi dengan toilet yang telah diperbaharui sistem pembersihnya, warna livery baru dan dekorasi interior yang menggambarkan tempat historis di Delhi dan Agra.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.