Setelah PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan kereta api (KA) khusus pelayanan kesehatan, RailClinic untuk pertama kalinya di stasiun Wojo yang terletak di daerah Purworejo pada 18 Desember  2015 lalu, kini KAI kembali mengoperasikan rangkaian kereta rel diesel (KRD) khusus ini untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Lokasi yang menjadi tujuan KRD RailClinic kali ini adalah di Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, tepatnya di stasiun Rangkasbitung yang terletak di lintas Tanahabang – Merak pada Rabu (6/4). KRD RailClinic ini juga direncanakan akan bertugas di stasiun Parungkuda yang terletak di lintas Bogor – Sukabumi pada 13 April mendatang.

Adapun pelayanan kesehatan yang dapat dinikmati masyarakat di atas KA Rail Clinic ini adalah pemeriksaan kesehatan umum, gigi, Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana (KIA/KB), laboratorium, pemeriksaan mata, dan pelayanan farmasi. Selain hal-hal tersebut, dilakukan juga penyuluhan kesehatan kepada masyarakat sekitar, serta sosialisasi keselamatan dan keamanan jalur KA.

Kegiatan pelayanan kesehatan gratis di stasiun Rangkasbitung ini telah melayani 280 pasien, melebihi target semula yang ditentukan yaitu sejumlah 150 pasien. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga mencakup pemberian 45 buah kacamata gratis untuk murid SDN 03 dan 05 Muara Ciujung Timur serta SD Multatuli Ciujung Barat. Rencananya, kegiatan yang serupa juga akan dilakukan di stasiun Parungkuda, Sukabumi di tahap selanjutnya.

KRD RailClinic ini merupakan terobosan terbaru dari KAI. Rangkaian ini merupakan modifikasi dari 2 unit KRD yang sebelumnya berfungsi sebagai KRD penumpang menjadi KRD khusus untuk melayani pengobatan masyarakat sekitar stasiun dan jalur KA di seluruh Indonesia. Perubahan fungsi dan modifikasi KRD ini sepenuhnya dilakukan di Balai Yasa Yogyakarta. KRD RailClinic ini pertama kali diresmikan oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, pada tanggal 12 Desember 2015 lalu di stasiun Pasar Senen. Kehadiran KRD RailClinic ini tak lain adalah salah satu bentuk layanan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility / CSR) KAI terhadap masyarakat umum.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.