Mengalami Nasib Naas

Sayangnya, nasib naas sempat menimpa CC 203 33R pada tahun 2007. Saat itu, lokomotif ini mengalami kecelakaan atau peristiwa luarbiasa hebat (PLH) saat berdinas KA angkutan pulp isi di petak jalan antara stasiun Tanjung Karang (TNK) dan Sukamenanti (SKN). Lokomotif yang membawa 20 unit GT dengan muatan penuh ini mengalami rem blong dan larat hingga terguling di salah satu jalur menurun dengan tikungan tajam, hingga mengakibatkan lokomotif CC 203 33R ini dan beberapa gerbong berisi muatan pulp tersebut mengalami kerusakan yang cukup berat. Kondisi lokomotif ringsek dibagian kabin dan bodi sebelah kanan, serta bagian ujung panjang (Long Hood) rusak cukup parah. Sedangkan beberapa unit GT berisi pulp yang dibawanya banyak yang hancur lebur dan muatannya berserakan di kedua sisi rel.

Kondisi Long Hood CC 203 33R setelah mengalami PLH | http://www.geocities.jp/kami_ki…/Travel_report_20080102.html
Kondisi sisi Long Hood CC 203 33R setelah mengalami PLH | Sumber : http://www.geocities.jp/kami_ki…/Travel_report_20080102.html
Kondisi Short Hood CC 203 33R setelah mengalami PLH | http://www.geocities.jp/kami_ki…/Travel_report_20080102.html
Kondisi sisi Short Hood CC 203 33R setelah mengalami PLH | Sumber : http://www.geocities.jp/kami_ki…/Travel_report_20080102.html
Kondisi GT pulp yang mengalami PLH | http://www.geocities.jp/kami_ki…/Travel_report_20080102.html
Kondisi GT pulp yang mengalami PLH | Sumber : http://www.geocities.jp/kami_ki…/Travel_report_20080102.html

Sekitar tahun 2008 lokomotif ini selesai diperbaiki di BY LT dan dan resmi menyandang huruf R pada ujung penomorannya karena proses pembangunan ulang (rebuilt) serta peningkatan kemampuan (upgrade). Ya, lokomotif ini ditingkatkan sedikit kemampuan dengan menggunakan rasio gear 93:18 sehingga lokomotif ini mampu menarik beban yang lebih berat daripada lokomotif CC 203 lain dengan besaran daya kuda / horse power (HP) yang sama. Karena rasio gear barunya ini lebih mengutamakan kekuatan daripada kecepatan, lokomotif ini hanya mampu berjalan dengan kecepatan maksimal 80 km/jam, tetapi mampu menarik beban yang lebih banyak.

CC 203 33R dengan seragam hijau dan striping terbaru | http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1827853&page=5
CC 203 33R dengan seragam hijau dan striping terbaru | Foto : Wahyu CH (Sumber : http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1827853&page=5)

Sampai sekarang, lokomotif ini masih setia berdinas KA angkutan pulp milik TEL. Namun, tak jarang tugasnya dan ketiga saudaranya yang satu almamater digantikan oleh lokomotif-lokomotif milik KAI karena tak jarang lokomotif-lokomotif milik TEL sedang tidak siap berdinas atau sedang menjalani pemeliharaan rutin di BY LT agar kondisinya tetap prima ditengah intensitas tugasnya yang cukup berat.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses