Pengelompokkan Kategori Stand Peserta Comiket Berubah

0
comic market

Comic Market, atau yang biasa disingkat menjadi Comiket adalah sebuah perhelatan pasar kreatif yang mempertemukan penggemar dengan para grup lingkar kreatif (circle) yang membuat berbagai pernik derivatif (doujin) dari seri komik, anime, dan game populer. Berbagai jenis pernik doujin dapat ditemui di perhelatan ini, mulai dari aksesoris, poster, komik, game, hingga cosplay. Perhelatan Comiket ke-90 akan digelar pada tanggal 12-14 Agustus 2016 di Tokyo Big Sight.

Baca juga: Mengenal Cokimet, Pasar Kreatif Para Kreator dan Penggemar

Memasuki perhelatan ke-91 yang akan digelar pada bulan Desember 2016, penataan penempatan stand para grup lingkar kreatif yang akan ikut serta di perhelatan Comiket akan berubah. Diumumkan melalui situs resminya, beberapa seri populer akan mendapatkan lokasi kategori tersendiri. Di sisi lain, beberapa kategori lainnya akan digabung dan ditata ulang.

Diagram pembagian lokasi kategori stand lingkar kreatif untuk perhelatan Comiket ke-91
Diagram pembagian lokasi kategori stand lingkar kreatif untuk perhelatan Comiket ke-91

Dua seri waralaba idola terkenal, yaitu The iDOLM@STER dan Love Live! yang sebelumnya ditempatkan di kategori “game perempuan” masing-masing akan mendapatkan tempat lokasi tersendiri. Game ponsel Ensemble Stars juga akan mendapatkan tempat kategori sendiri setelah sebelumnya digabung ke dalam kategori “game (romance)”.

Seri komik World Trigger juga akan mendapatkan lokasi kategorinya sendiri setelah sebelumnya digabung ke dalam kategori “Seri komik (Jump dan lain-lain)”. Di sisi lain, Gintama dan Prince of Tennis akan kembali disatukan ke dalam kategori tersebut. Hal yang sama juga terjadi dengan kategori utama “Seri komik olahraga Jump” yang akan disatukan dengan kategori “Seri komik Jump lainnya”, meskipun seri Haikyu!! dan Kuroko no Basket masing-masing akan mendapatkan kategori tersendiri.

Baca Juga: Sang Kreator Komik Monster Musume Juga Ikut Berbelanja di Comiket!

Kategori seri komik yang diterbitkan oleh Gangan, seperti Full Metal Alchemist, Soul Eater, dan To Aru Majutsu no Index, akan disatukan ke dalam kategori komik shounen. Di sisi lain, tiga seri komik kategori shounen populer, yaitu Yowamushi Pedal, Attack on Titan, dan Diamond no Ace, akan mendapatkan kategori tersendiri.

Selain itu kategori komik shoujo dan seinen akan digabungkan. Meskipun begitu, seri komik Kekkai Sensen yang sebelumnya termasuk ke dalam kategori komik Seinen akan mendapatkan lokasi kategori tersendiri.

Kekkai Sensen (TOHO Animation)
Kekkai Sensen (TOHO Animation)

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.