BAGIKAN

Kegemparan melanda London pada Kamis pagi (14/7) ketika sebuah ledakan terjadi di jalur kereta api (KA) di wilayah Hounslow, dekat bandara Heathrow, London yang menyebabkan terganggunya perjalanan kereta komuter jalur ini. Polisi mensinyalir ledakan tersebut sengaja dilakukan oleh pelaku pembakaran yang menggunakan benda yang belum diketahui jenisnya.

Ledakan tersebut berada di jalur KA dekat stasiun Syon Lane. Beruntung, ledakan yang menimbulkan api bisa segera dipadamkan meskipun tetap menimbulkan kerusakan pada prasarana perkeretaapian, sehingga menyebabkan keterlambatan parah, pengalihan dan pembatalan perjalanan di jalur South West antara Brentford dan Hounslow sampai malam hari.

Kepolisian Transportasi Inggris (British Transport Police / BTP) menduga benda mencurigakan tersebut diletakkan di jalur KA sekitar pukul 09.05 pagi. Pihak kepolisian menuturkan bahwa ledakan tersebut bisa saja mematikan apabila ada kereta yang melintas ketika ledakan terjadi, sampai saat ini pihak penyidik telah meminta kesediaan para saksi mata untuk membantu mereka dalam menangkap pelaku ledakan ini.

Advertisement Inline

”Saya sedang melakukan penyelidikan secara rinci kepada siapa saja yang berada di sekitar area ledakan dan yang melihat adanya gerak-gerik yang mencurigakan pada saat itu. Kami menduga, benda tersebut dengan sengaja diletakan di jalur kereta untuk menghasilkan api, jadi fokus kami saat ini adalah berusaha menentukan benda apa yang menjadi sumber ledakan ini.” Tutur Kepala Bagian Penyidikan Kepolisian Inggris, Paul Langley.

“Ledakan ini tentu saja bisa menjadi dengan mudahnya membahayakan jiwa apabila ada kereta yang melintas mendekati jalur ini pada saat itu. Sampai saat ini saya sedang mencari informasi kepada siapa saja yang mempunyai informasi terkait dengan peristiwa ini yang bisa membantu kami dalam penyelidikan. Saya menganjurkan mereka menghubungi kami segera.”

Sampai saat ini para penumpang mengabarkan bahwa mereka melihat paling sedikit 12 mobil polisi di sekitar stasiun Syon Lane, pada Kamis (14/7) siang waktu setempat. Para petugas kepolisian juga memberhentikan serta menanyai beberapa orang yang melewati lokasi kejadian mengenai peristiwa ini. Stasiun Syon Lane akhirnya beroperasi kembali secara normal pada hari Jumat (15/7). Polisi menghimbau kepada siapa pun yang mempunyai informasi terkait peristiwa ledakan ini supaya mengubungi nomor 0800-405040 atau sms ke 61016 dengan mencantumkan subyek “144 of 14/07/16.”

Di lain tempat, sebuah gudang dekat stasiun Clapham juga terbakar dan menyebabkan gangguan perjalanan yang parah pada hari Rabu malam (13/7). Api dan asap yang membara sangat besar terlihat di dekat jalur kereta dan membuat bel peringatan di dalam kereta berdering. Api berasal dari sebuah gudang di Battersea yang menyebabkan pelayanan di rute Clapham dan London Victoria dibatalkan untuk beberapa jam.

Cemplus Newsline by KAORI | Yonathan Kharisma A.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.