BAGIKAN

Bagi para fans anime, judul anime JoJo’s Bizzare Adventure yang diadaptasi dari seri komik karangan Hirohiko Araki digadang-gadang sebagai anime yang memiliki kesan manly. Dalam titik ekstrim bahkan banyak yang beranggapan bahwa anime ini adalah “penyelamat industri anime” karena menghadirkan karakter dengan desain garang, penuh otot dan juga kisah aksi yang menegangkan dibanding kisah “cute character doing cute things” yang dianggap formulaic seperti pada “anime moe” kebanyakan. Tapi tahukah anda bahwa anime manly seperti JoJo juga mempunyai sisi moe-nya tersendiri?

Sudah sejak musim pertamanya, anime JoJo’s Bizzare Adventure ini telah menjadi sebuah anime moe. Cara mudah sebuah anime bisa dikatakan sebagai anime moe adalah dari tampilan desain karakter yang ada. Meskipun desain karakter pada musim pertama JoJo penuh dengan pria maskulin dan berotot, namun ternyata ada juga sisi moe dari karakter tersebut.

Part I – Phantom Blood: Speedwagon

jojo-speedwagon

Advertisement Inline

Karakter moe yang ada pada kisah bagian pertama dari seri JoJo’s Bizzare Adventure adalah Speedwagon. Di balik sosoknya yang sangat maskulin dan tubuh yang berotot, Speedwagon terkadang bisa juga terlihat menawan. Ia adalah karakter yang sangat suportif kepada karakter lainnya, terutama kepada Jonathan. Meskipun ia sangat sadar bahwa dirinya tidak memiliki kekuatan ajaib seperti Hamon dan sebagainya, namun sebisa mungkin ia selalu mencoba untuk bisa membantu Jonathan dan rekan-rekan lainnya. Sifatnya yang selalu ingin bisa menolong orang lain meskipun ia sendiri memiliki keterbatasan inilah yang merupakan sisi lain dari seorang Speedwagon yang memiliki postur tubuh cukup besar, ada kelembutan hati di balik rupa maskulin tersebut.

Part II – Battle Tendency: Joseph Joestar

joseph-moe

Joseph Joestar adalah cucu dari protagonis JoJo pertama, Jonathan Joestar. Joseph adalah protagonis yang memiliki karakter yang cukup berbeda dibanding Jonathan. Ia adalah seorang protagonis yang memiliki sifat ceroboh, urakan, jenaka dan memiliki semangat tinggi. Sebagai pria Joseph memiliki tekad yang kuat dan juga pekerja keras yang tak mudah menyerah dalam berusaha, seperti saat ia dilatih oleh Lisa Lisa di mana Joseph tidak pantang menyerah menjalani latihan yang sangatlah keras. Karakter ceroboh namun memiliki tekad kuat dan pantang menyerah ini mengingatkan saya akan sosok Honoka Kousaka dari serial Love Live! School Idol Project.

Part III – Stardust Crusaders: Joseph Joestar & Jean Pierre Polnareff

old-joseph-moe

Pada bagian ketiga, Joseph Joestar, sang protagonis dari part kedua telah menjadi seorang kakek-kakek. Namun meskipun sudah cukup berumur, tapi kelakuan ceroboh dan jenaka dari dirinya seakan tak lekang oleh usia. Masih ada sisi kekanak-kanakan dari diri Joseph seperti suka bercanda dan melempar guyonan padahal ia adalah sosok yang paling dewasa dan di-tua-kan di grup Jotaro. Tidak jarang Jotaro, dan yang lain dibuat repot dan harus menghela nafas dalam-dalam dengan tingkah laku dari Joseph.

jojo-polnareff

Karakter moe lain yang ada dalam seri JoJo’s Bizzare Adventure: Stardust Crusaders adalah Jean Pierre Polnareff. Sebelum bergabung dengan tim Jotaro, ia adalah anak buah Dio yang ditugaskan untuk membunuh Jotaro dan yang lain. Setelah pergelutan sengit melawan Muhammad Abdul, Polnareff akhirnya terbebas dari pengaruh Dio dan memutuskan bergabung dengan tim Jotaro. Namun dalam perjalanannya bersama Jotaro dan yang lain, Polnareff paling sering mengalami kesialan, terutama yang berhubungan dengan toilet. Seringkali Polnareff harus berhadapan dengan musuh saat ia sedang buang air di toilet. Berbagai kesialan ini memberikan warna jenaka kepada karakter ini. Selain itu, ada sisi jenaka lain dalam hubungan Polnareff dengan Iggy. Pada awalnya Polnareff selalu dibuat kesal sama anjing tersebut tapi perlahan diam-diam Polnareff sangat perhatian kepada Iggy dan hal itu menunjukkan bahwa dibalik tubuh maskulin dan kekuatan Stand Silver Chariot yang kuat ia adalah karakter yang peduli dengan orang lain.

Part IV – Diamond is Unbreakable: Josuke Higashikata, Okuyasu Nijimura, & Koichi Hirose

jojo-josuke-3

Dibandingkan dengan kisah di bagian lain yang sudah diadaptasi menjadi anime selama ini, Part IV adalah JoJo yang paling moe. JoJo’s Bizzare Adventure: Diamond is Unbreakable memiliki desain visual yang penuh warna, serta komikal yang menjadikan cukup banyak elemen moe dalam anime ini. Untuk penjelasan moe di bagian ke-4 ini, saya akan membahas mengenai trio karakter utama Josuke Higashikata, Okuyasu Nijimura, serta Koichi Hirose.

jojo-josuke-2

Josuke dan Crazy Diamond terlihat moe.
Josuke dan Crazy Diamond terlihat moe.

Josuke Higashikata adalah protagonis dalam serial JoJo’s Bizzare Adventure: Diamond is Unbreakable. Ia adalah seorang siswa SMA yang mudah naik pitam jika ada orang yang menghina rambut pompadournya yang sangat khas. Namun dibalik sosok garang dan tampilan yang brandal, Josuke adalah karakter yang sangat peduli kepada sahabatnya dan sangat menyayangi keluarga, seorang karakter yang family-oriented. Josuke memiliki Stand bernama Crazy Diamond yang memiliki kekuatan untuk memperbaiki/menyembuhkan (lebih tepatnya, mengembalikan sesuatu seperti ke bentuk awalnya) sesuatu dan kekuatan Stand inilah yang semakin menambah sisi kelembutan dalam diri seorang Josuke. Dalam beberapa kesempatan ia seringkali menyembuhkan orang yang dilawan oleh musuhnya, dan bahkan menyembuhkan orang yang baru saja bertarung dengannya, hal ini lah yang membuat seorang Josuke memiliki sifat cukup feminim dan baik hati.

jojo-koichi

Koichi Hirose adalah teman sekolah Josuke yang juga seorang pengguna Stand. Diantara karakter lain dalam seri Diamond is Unbreakable, Koichi memiliki tubuh yang kecil dan bahkan lebih cocok terlihat sebagai murid SD dibanding murid SMA. Karakteristiknya juga biasa-biasa saja seperti murid sekolah pada umumnya, tidak seperti karakter JoJo lain yang cukup eksentrik. Meskipun tubuhnya kecil dan tampilan yang tidak terlalu kuat, Koichi adalah karakter yang giat dan juga seorang pekerja keras. Terkadang ada waktu di mana ia sadar ia tidak bisa menang melawan musuh yang sedang dihadapi karena tubuhnya kecil dan ia tidak memiliki kekuatan yang hebat, namun ia akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengalahkan musuh tersebut dengan segala keterbatasan yang ia miliki. Koichi memiliki Stand bernama Echoes yang sangat menggambarkan sosok seorang Koichi, anak kecil yang tidak terlalu kuat namun perlahan selalu berkembang menjadi lebih kuat untuk bisa menghadapi segala rintangan yang menghadang. Karakteristik seperti inilah yang membuat Koichi terlihat moe.

jojo-okuyasu-3

Okuyasu Nijimura adalah teman sekolah Koichi serta Josuke. Sama seperti Polnareff di Part III, Sebelum bergabung dengan Josuke, Okuyasu adalah musuh yang berusaha membunuh Josuke dan Jotaro. Namun ia memutuskan untuk bergabung bersama Josuke setelah dikalahkan oleh Josuke, dan setelah kepergian sang kakak yang dibunuh oleh Red Hot Chilli Peppers. Tak lama setelah bergabung, ia juga langsung menjadi sahabat karib Josuke. Saat masih menjadi musuh, Okuyasu memberitahu bahwa alasan ia ingin membunuh Jotaro adalah demi mencari cara untuk bisa menolong ayahnya yang mendapat kutukan karena dahulu menjadi anak buah Dio. Oleh karena itu, sebagaimana Josuke, dibalik sosoknya yang garang ada sisi lain dari Okuyasu yang juga sangat sayang kepada anggota keluarga.

jojo-okuyasu-1

Okuyasu si biang gosip
Okuyasu si biang gosip.

Setelah bergabung dengan kawanan Josuke, seketika itu pula gelagat Okuyasu berubah 180 derajat. Wajahnya yang garang dan brandal tiba-tiba berubah menjadi seorang yang gembira ria, periang, dan dari sinilah muncul sisi moe dalam diri seorang Okuyasu. Saat ia dan Josuke memergoki Koichi sedang jalan berdua bersama Yukako Yamagishi, Okuyasu berbicara kepada Josuke dengan gestur dan nada bagaikan cewek-cewek gosip. Selain itu saat ia mengunjungi restoran Italia, ia juga menikmati makanan di sana dengan penuh suka cita. Dibandingkan dengan para karakter lainnya, saya pribadi menganggap bahwa Okuyasu ini adalah karakter yang paling ekspresif. Ia adalah perwujudan dari apa itu moe dalam seri JoJo’s Bizzare Adventure: Diamond is Unbreakable.

jojo-okuyasu-4

Itulah daftar beberapa karakter dalam seri JoJo’s Bizzare Adventure yang memiliki beberapa unsur moe jika dilihat dari sudut pandang lain. JoJo memang memiliki desain karakter yang terlihat garang, maskulin, penuh otot dan juga aksi yang menegangkan, namun siapa sangka ternyata karakter-karakter tersebut memiliki sifat lain tersembunyi yang membuatnya terlihat moe. Jadi jika ada yang bertanya kepada saya anime macam apa JoJo’s Bizzare Adventure itu maka saya akan menjawab ini adalah anime moe dengan cara yang sangat bizzare.

KAORI Newsline | Ditulis oleh Rafly Nugroho yang sampai sekarang masih punya impian agar bisa menjadi moe

Artikel ini ditulis dari opini pribadi penulis dan tidak mewakili opini KAORI Nusantara secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.