Diam-diam, Agen Spionase CIA Suka Meme dan Nozaki-kun!

    0
    (Izumi Tsubaki / Square Enix / Gekkan Shoujo Nozaki-kun Production Commitee)

    Pada zaman digital ini, kehidupan di internet memiliki budayanya sendiri. Begitu hebatnya perkembangan budaya internet dirasakan pula di dalam badan intelijen Amerika Serikat CIA.

    Dilansir Ars Technica, dalam bocoran dokumen rahasia yang dirilis Wikileaks terdapat sejumlah informasi menarik. Selain televisi Samsung yang bisa memata-matai penggunanya, diam-diam staf CIA juga menggunakan meme di lingkungan internal mereka.

    Filosofi meme

    Sejumlah referensi lucu diberikan sebagaimana yang bisa didapatkan di situs-situs meme. Tetapi yang paling menarik adalah referensi ke anime Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Dalam bocoran, ditemukan sebuah GIF yang menggambarkan adegan Sakura Chiyo dan Nozaki bersepeda berdua.

    Selain anime masa kini, ditemukan pula referensi ke anime Trigun. Misalnya GIF di bawah ini, dipakai salah satu pekerja di dalamnya untuk mengusili halaman temannya.

    Salah satu pengembang mengungkapkan rasa frustrasinya dengan proyeknya saat kodenya terus-menerus gagal. Ia menggunakan GIF di bawah ini untuk menggambarkan suasana hatinya.

    Tak hanya suka dengan meme, CIA juga bereksperimen dengan kaomoji, emotikon lucu yang dipakai dalam percakapan di internet. Sejumlah ekspresi familiar ada dalam daftarnya. Bahkan beberapa di antaranya juga diberi terjemahan.

    (♯・∀・)⊃
    ( ´∀`)☆
    ( ´∀`)
    (゜Д゜)
    (・∀・)                        "well" or "good"
    (・A・)                        "bad" or "not good"

    Sebelumnya, Wikileaks pada Selasa (7/3) merilis Vault7, yang berisi data-data rahasia CIA. Memanfaatkan celah keamanan dalam ponsel dan sistem operasi, CIA memata-matai target dengan berbagai alasannya sendiri.

    Baca Juga: Tidak Disangka! Samuel L. Jackson Suka Anime (dan Hentai).

    KAORI Newsline

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.