SHARE
Bus Trans Semarang Koridor VI Bersiap Berangkat dari Halte Taman Diponegoro

reon

Tepat pada hari Jumat, 31 Maret 2017, Pemerintah kota Semarang meluncurkan dua rute layanan terbaru dari BRT Trans Semarang. Kedua rute ini diluncurkan di area Universitas Diponegoro, Kampus Tembalang sebagai simbol beroperasinya rute bus Trans Semarang yang menghubungkan beberapa Universitas di kota Semarang. Peluncuran dua rute bus Trans Semarang ini menandakan bahwa Pemerintah kota Semarang serius dalam menyediakan layanan transportasi massal berbasis bus bagi warga kotanya.

Ada pun rute terbaru yang diluncurkan adalah rute bus koridor V yang beroperasi dari kawasan Meteseh menuju ke jalan pemuda dan berakhir di kawasan PRPP dengan bus berwarna biru, sedangkan rute bus koridor VI beroperasi di kawasan kampus Universitas Diponegoro kampus Tembalang menuju kawasan Universitas Semarang dengan bus berwarna merah.

Rute – rute bus terbaru ini cukup unik karena melalui beberapa destinasi wisata atau pun kawasan – kawasan Universitas yang menjadi tujuan para warga kota Semarang dalam beraktivitas. Rute koridor V sendiri menghubungkan PRPP, Klentheng Sam Poo Kong dan kawasan Lawang Sewu – Tugu Muda hingga berakhir di perumahan Grand Victoria, Meteseh.

Bus Trans Semarang Koridor V Melintasi Kawasan Simpang Lima, Semarang

Sementara itu, rute Koridor VI berangkat dari area Universitas Diponegoro turun menuju kawasan bundaran taman Diponegoro dan melalui area kampus Universitas Katolik Soegijapranata baru menanjak menuju kawasan Universitas Semarang yang terletak di Sekaran, Gunungpati.

Bus Trans Semarang Koridor VI Melintasi Area Kampus UNIKA Soegijapranata.

Setiap rute bus ini dilayani oleh 23 bus dengan tambahan satu bus cadangan sehingga total bus yang melayani kedua rute ini ada 48 bus. Semoga dengan penambahan dua rute terbaru dari bus Trans Semarang ini bisa membuat moda transportasi ini menjadi pilihan warga kota Semarang dan diimbangi oleh penambahan armada untuk mempersingkat headway antar bus yang beroperasi.

Cemplus Newsline by KAORI