SHARE
Toyota 86 (1)

reon

Event car meet yang memiliki tingkat spektakuler yang tinggi rupanya tidak selamanya diadakan di Jakarta. Daerah seperti Bekasi juga menjadi lokasi yang potensial untuk mengadakan event car meet atau kontes modifikasi. Hal tersebut terlihat dari diadakannya dua event otomotif secara berbarengan, tepatnya pada tanggal 25 Maret 2017 bahkan mampu menarik minat yang dari Jakarta. Tentunya itu sangat menguntungkan bagi yang berdomisili di Bekasi, namun buat yang berdomisili di Jakarta juga cukup menguntungkan lantaran tersedianya akses transportasi yang murah untuk ke event seperti stasiun KRL yang disambung dengan Transjabodetabek atau angkot. Setidaknya ada 2 event di Bekasi yang tentunya memiliki unsur jejepangan otomotif yang sangat mendukung.

MARCHFEST 2017

Dimulai dari Marchfest 2017 yang berlokasi di AXC Summarecon Bekasi. Lokasinya yang sangat dekat dengan halte puncak rute Transjabodetabek membuat akses transportasi ini terasa sangat mudah dan murah. Selain itu lokasinya yang juga sangat dekat dengan mall Summarecon Bekasi membuat Anda bisa santai di mall sebelum, di tengah, atau sesudah acara. Apa yang membuat event otomotif ini menarik?

1. Geber-geberan mesin

Salah satu poin yang paling menarik dari acara ini adalah adu geber-geberan mesin. Mobil yang diadu dalam lomba ini bukan sembarang mobil, melainkan mobil yang sudah dimodifikasi hingga membuat suara mesinnya sangat nyaring. Semakin nyaring suara mesinnya semakin ditunjuk sebagai pemenangnya.

Begitu banyak mobil Jepang yang sudah dimodifikasi untuk mengikuti perlombaan ini dan setelah digeber memiliki suara yang sangat nyaring. Seperti Nissan Cefiro yang telah di-engine swap, Honda Civic, hingga mobil sport Toyota 86. Sayangnya tidak ada satupun mobil Jepang yang mengalahkan suara BMW 520i yang telah di-engine swap.

Video acara adu geber mobil modifikasi Marchfest 2017 dapat ditonton di bawah ini.

2. Modifikasi Honda HR-V

Komunitas Honda HR-V, HR-V Devotee Indonesia hadir dalam event ini. Beberapa di antaranya ada yang HR-V-nya ganti pelek dan itu adalah menu wajib lantaran paling cepat dalam mengubah tampilan mobil. Pelek aftermarket Jepang menjadi pilihan favorit dan itu terlihat sekali dari banyaknya HR-V yang menggunakan pelek aftermarket Jepang, baik yang berkarakter racing yang simpel maupun elegan yang besar dan mengkilat.

3. Pelek Racing Aftermarket Honda Jazz

Sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia, Honda Jazz tidak luput menjadi objek modifikasi lantaran referensi modifikasi dari Jepang sana yang sudah sangat bejibun dan hadir dalam event ini. Pelek aftermarket Jepang merupakan pelek yang paling diminati lantaran banyaknya pelek yang pas dengan lubang baut dan spakbor standar Honda Jazz. Hanya saja berdasarkan dokumentasi, semua Honda Jazz yang hadir berpelek aftermarket Jepang berkarakter racing.

4. Gaya Elegan Sedan Besar

Di Jepang, sedan besar menjadi jenis mobil yang menarik untuk dimodifikasi dengan aliran VIP Style. Modifikasi dilakukan dengan memasang pelek mengkilat buatan Jepang atau non-Jepang yang berukuran besar dan ceper sehingga mencuatkan kesan elegan bahkan VIP. Tren tersebut masuk ke Indonesia dan itu juga terlihat dalam pergelaran ini.

5. Gaya Elegan Compact Car

Mobil ceper berpelek Jepang yang mengkilat masih cocok untuk mobil berukuran compact seperti city car atau sedan, tidak hanya monopoli sedan besar semata. Itu pun juga hadir dalam event ini, termasuk mobil Jepang khusus pasar non-Jepang seperti Toyota Yaris dan Toyota Soluna.

6. Minivan

Di Jepang, jenis mobil muat banyak non-komersil atau minivan juga menjadi objek modifikasi dan kebanyakan bergaya elegan karena karakteristiknya yang lebih condong dibawa santai ketimbang performa untuk dibawa kencang dengan pelek mengkilat berukuran besar buatan Jepang. Dalam pergelaran ini juga hadir minivan yang dimodifikasi seperti Honda Odyssey, termasuk mobil Jepang khusus pasar non-Jepang seperti Nissan Grand Livina dan Toyota Kijang Innova.

7. Pelek Jepang Berkarakter Racing

Selain Honda Jazz dan Honda HR-V, mobil berpelek aftermarket Jepang beraliran racing juga hadir dalam event seperti Honda City, Honda Civic, Mitsubishi Lancer, Honda Accord, bahkan SUV seperti Nissan X-Trail.

8. Sportscar Jepang

Beberapa sportscar Jepang juga hadir dalam event ini seperti Toyota 86 yang ikut dalam lomba geber-geberan mesin, dan beberapa sportscar langka seperti Toyota Corolla Levin AE92, Toyota Corolla 2 door dan Coupe (E70), serta Honda Prelude generasi ketiga dan keempat.

9. Sedan Retro

Sedan Jepang yang usianya jauh lebih tua turut memeriahkan acara ini seperti Toyota Corolla DX yang eksteriornya dimodifikasi menyesuaikan usia mobilnya dan Nissan Cefiro yang ikutan geber-geberan mesin.

10. Europeans

Meskipun jelas-jelas mobil Eropa tidak berarti tidak bisa memakai pelek aftermarket Jepang, sebab pihaknya sudah merilis pelek aftermarket Jepang khusus baut standar mobil Eropa, seperti BMW dan Mercedes-Benz yang ada di event ini.

Liputan acara car meeting Local 2017 bersambung ke halaman selanjutnya.