BAGIKAN
JA Connexion
Transjakarta rute Tugas - Grogol, dioperasikan oleh Perum PPD.

Sering bepergian menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta? Mulai 30 Mei 2017, alternatif transportasi menuju Bandara yang terletak di Kota Tangerang tersebut akan segera bertambah. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan meluncurkan layanan transportasi baru untuk bepergian ke Bandara yaitu Jabodetabek Airport Connection (JA Connexion). JA Connexion ini rencananya akan melayani rute dari hotel-hotel serta pusat perbelanjaan di Jabodetabek menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pada tahap awal, 4 operator yang akan mengoperasikan JA Connexion ini yakni Blue Bird, Sinar Jaya, dan Perum Damri yang melayani keberangkatan dari hotel dengan menggunakan armada mikro bus. Sedangkan untuk keberangkatan dari pusat perbelanjaan atau mal akan dilayani oleh Perum PPD yang menggunakan armada Bus Besar.

Armada PPD yang disiapkan untuk JA Connexion sendiri merupakan Bus eks armada Bus Rapid Transit (BRT) hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang tidak dioperasikan sebagai armada bus Transjakarta. Bus ini telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan mengganti kursi penumpang menjadi menghadap kedepan serta bagasi untuk memfasilitasi barang bawaan penumpang sehingga cocok digunakan sebagai angkutan bandara. Pada tahap awal, PPD akan menyiapkan 10 armada dengan nomor PPD 505-515 milik pool Ciputat.

Untuk tarif, JA Connexion dengan keberangkatan dari hotel akan dikenakan tarif sebesar Rp 50.000,00 untuk sekali perjalanan sedangkan dengan keberangkatan dari pusat perbelanjaan yang dilayani oleh Perum PPD akan dipatok seharga Rp 25.000,00 untuk sekali perjalanan.

Sebanyak 20 hotel dan 5 pusat perbelanjaan akan dilayani pada tahap pertama peluncuran layanan ini dengan headway yang ditetapkan yaitu sekitar 1 jam sekali. Berikut rute yang dilayani oleh JAConnexion untuk tahap awal seperti yang dilansir dari Detik:

PT Big Bird Pusaka dengan 15 unit kendaraan:

  1. Hotel Borobudur – Hotel Alia – Hotel Luminor – Bandara Soetta.
  2. Hotel Aryaduta – Hotel Sari Pan Pasific – Bandara Soetta.
  3. Hotel Grand Cemara – Hotel Ibis Thamrin – Hotel Milenium – Bandara Soetta.
  4. Hotel Sahid Jaya – Mall Grand Indonesia – Hotel Ascot – Bandara Soetta.

Perum Damri dengan 10 unit kendaraan:

  1. Hotel Amaris Thamrin City – Bandara Soetta.

PO Sinar Jaya dengan 16 unit kendaraan:

  1. Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang – Bandara Soetta.
  2. Bogor Trade Mall – Bandara Soetta.

Perum PPD 50 unit kendaraan:

  1. Mall Taman Anggrek – Bandara Soetta.
  2. Mall Plaza Senayan – Bandara Soetta.
  3. Mall ITC Cempaka Mas – Bandara Soetta.
  4. Mall Kelapa Gading – Bandara Soetta.
  5. ITC Tanah Abang – Bandara Soetta.

Diharapkan dengan adanya JA Connexion ini akan semakin mendorong minat masyarakat yang bepergian menuju Bandara Soekarno-Hatta menggunakan transportasi publik dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun taksi serta dapat mengurai kemacetan Jalan Tol menuju Bandara Soekarno-Hatta yang semakin padat.

Cemplus Newsline by KAORI