BAGIKAN
Lokomotif Dual Leaf dengan standar emisi Tier 4 yang pertama milik Railserve | Sumber : Railway Gazette

Lokomotif Dual Leaf dengan standar emisi Tier 4 yang pertama milik Railserve mulai beroperasi di wilayah Freeport, Texas, Amerika Serikat. Lokomotif ini adalah lokomotif terbaru milik Railserve yang memiliki dua unit mesin diesel Cummins bertipe QSX15, dan bisa beroperasi menggunakan satu mesin saja apabila membawa beban yang ringan.

Lokomotif Dual Leaf ini dikhususkan untuk pengiriman, keperluan perjalanan industrial, dan penggunaan jarak pendek yang memerlukan tenaga besar pada kecepatan operasi 50 km/jam. Railserve mengklaim bahwa lokomotif ini dapat menghemat biaya pada kondisi operasional yang cukup berat, dan memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya dengan cara mengoperasikan lokomotif ini yanhg hampir sama dengan lokomotif seri SW dan GP.

Penggunaan standar emisi Tier 4 ini diharapkan dapat mengurangi pencemaran udara sebesar 99% dan emisi NOsebesar 92% dibanding lokomotif konvensional. Lokomotif ini juga menjanjikan penghematan bahan bakar ketika beroperasi dengan kecepatan rendah dengan posisi tahap tenaga (notch) rendah dan posisi diam (idle) jika digunakan untuk langsiran.

Advertisement Inline

“Kenaikan harga bahan bakar, masalah lingkungan, dan keinginan untuk penggunaan yang lebih efisien telah mendorong operator untuk mencari alternatif dari lokomotif konvensional untuk penggunaan di dalam pabrik” ujar Manajer Program Railserve, TJ Mahoney. “Meskipun lokomotif Dual Leaf dengan standar emisi Tier 4 ini terlihat sama dengan model sebelumnya, pengguna akan merasakan performa yang lebih baik dan mengurangi kerusakan lingkungan” tambahnya.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.