BAGIKAN

Beberapa hari sebelum Creators Super Fest, re:ON comics merilis T-Shirt logo re:ON berwarna hitam sebagai alternatif dari T-Shirt logo re:ON yang berwarna merah. T-Shirt tersebut selain memiliki konsep dan desain yang menarik, seperti yang dijelaskan dalam artikel T-Shirt Logo re:ON comics: Potensi Besar dari Hal yang Terlihat Dasar, T-Shirt tersebut juga bisa saling melengkapi varian yang merah. Meskipun dari segi karakter tidak se-re:ON yang merah, warna hitam relatif lebih mengikuti selera peminatnya yang barangkali berpikiran warna merah terlalu ngejreng, mengingat dari sudut pandang orang awam, warna hitam itu netral. Tak kalah penting, harganya yang sama terjangkaunya dengan yang merah, yakni Rp. 100.000,-.

Meskipun demikian, harus diakui juga bahwa T-Shirt tersebut juga yang biasa dipakai oleh para direksi, staff, atau bahkan guest re:ON yang bertugas ketika event. Memang itu masih merupakan hal yang bagus, namun bisa jadi ada penggemar atau fanatik ada yang tidak ingin tampil sama seperti mereka yang mengenakan T-Shirt re:ON atau mungkin tidak ingin sama dengan sesamanya.

Bagaimana menyiasatinya agar bisa tampil berbeda namun tetap dengan produk re:ON comics? Berikut tips buat kalian yang ingin menghadiri berbagai event re:ON (seperti re:ON Ngabuburit) atau event pop culture lainnya di mana re:ON comics hadir sebagai exhibitor atau host.

1. MEMAKAI T-SHIRT YANG KEMUNGKINAN TIDAK DIPAKAI DIREKSI ATAU STAFF

Advertisement Inline

Semenjak T-Shirt logo re:ON dijual ke publik, peluang untuk tampil sama dengan staff re:ON lebih besar, terlebih semenjak T-Shirt tersebut dicap sebagai T-Shirt kebangsaan. Selain T-Shirt logo, T-Shirt maskot Reon Bites juga sudah dijual ke publik dan itu juga yang biasa dipakai oleh staff re:ON comics ketika jaga booth. Bagi kalian yang biasa menghadiri event di mana re:ON comics berpartisipasi di dalamnya, penulis kira Reonites sudah mengetahui T-Shirt yang biasa dipakai direksi atau pegawai re:ON comics yang berada di dalam event, sedangkan bagi yang tidak, masih ada T-Shirt yang tidak lazim dipakai staff re:ON ketika event.

Untungnya pihak re:ON comics sudah menambah varian T-Shirt re:ON baik keluaran terbaru seperti T-Shirt kostum maskot maupun memasukkan stok lama seperti T-Shirt ComicFest ID dan collaboration with Harvey yang bisa kalian cek di toko online re:ON.

2. PADUPADAN ANTARA ATASAN LAIN DAN BAWAHAN

Buat yang masih ingin memakai T-Shirt logo atau mungkin T-Shirt Reon Bites, memadupadankan dengan atasan lain merupakan pilihan yang cukup simpel, meskipun direksi atau staff re:ON comics juga melakukan hal yang sama ketika event, seperti ketika event #Reon25. Misalnya kalian punya jaket atau kemeja kesayangan, pakai saja sebagai luaran atau buat yang memiliki kaus lengan panjang jadikan saja sebagai dalaman. Tentunya itu akan lebih efektif lagi apabila selain memakai 2 jenis T-Shirt tersebut.

Pendekatan pada aspek fashion yang modis pada T-Shirt re:ON comics merupakan jawaban efektif supaya bisa tampil berbeda dengan sesama Reonites, baik direksi, staff, guest, maupun penggemar atau fanatik. Seperti memadupadankan pakaian lain dilihat dari brand, model, dan corak yang berasal dari bahan ataupun tambahan seperti sablon atau bordiran. Bagi Reonites wanita bisa dibilang merupakan hal yang lumrah lantaran mereka relatif lebih selektif dalam memilih pakaian ketika berpergian terutama dari padupadan dengan bawahan atau atasan lain, baik yang berhijab maupun yang tidak.

 

Untuk yang laki-laki mungkin terdengar tidak familiar, namun untuk yang masih ingin tampil berbeda, coba saja cari referensi mengenai gaya pakaian yang sedang tren melalui internet seperti dari akun media sosial brand fashion ternama atau fashion blog. Jangan lupa cek proporsi antara ukuran T-Shirt yang dipakai dan atasan lain untuk dipadupadankan, misalnya T-Shirt lebih besar lebih pas sebagai luaran, sedangkan T-Shirt lebih kecil lebih pas sebagai dalaman.

3. MODIFIKASI T-SHIRT

Apapun T-Shirt re:ON-nya, modifikasi merupakan salah satu jalan terefektif untuk membuat tampil beda dengan Reonites lain, karena dengan demikian, pemilik T-Shirt bisa mengubahnya sesuai selera bahkan bisa menjadi pakaian yang cocok untuk dipadupadankan baik sesama T-Shirt re:ON maupun pakaian yang bukan produk re:ON. Selain karena konsep dan desain, harganya-pun juga tergolong mendukung lantaran tergolong murah untuk sebuah T-Shirt sehingga menjadi dasar yang bagus untuk dimodifikasi. Tak ketinggalan, modifikasi T-Shirt juga membutuhkan nyali yang jadi penentu selain keterampilan dan waktu pribadi masing-masing.

Buat yang memilih jalan ini, yang harus dicek adalah proporsi dengan fitting tanpa memakainya untuk mengecek panjangnya dan tes ketika dipakai apakah ketat, proporsional, atau oversize karena itu merupakan referensi awal yang bisa mempengaruhi karakter yang mengarah kepada desain yang tepat. Misalnya setelah dipakai ternyata ketat, desain modifikasi yang pas adalah yang memiliki karakter body fit seperti tank top yang biasa dipakai lari atau fitness, atau untuk yang wanita, T-Shirt oversize bisa dimodifikasi menjadi daster tank top terutama untuk wanita yang tingginya sekitar 150-160cm lantaran panjang T-Shirt-nya yang suportif untuk modifikasi seperti itu.

Kalau sudah dapat referensi awal yang pas, barulah cari model modifikasi yang karakternya sesuai selera untuk membuat sketsa sebagai referensi berikutnya. Referensinya bisa dari internet atau dari pakaian jadi dalam bentuk fisik bila ada. Untuk membuat sketsa, download gambar T-Shirt re:ON dari toko online dan juga model pakaian yang diinginkan dalam tampak datar sebagai patokan untuk sketsa modifikasi yang dibuat melalui software Photoshop dan sejenisnya. Misalnya punya fisiknya, foto dalam view datar kemudian kosongkan backgroundnya untuk memudahkan membuat sketsa. Dalam pembuatan sketsa sebaiknya diperlihatkan juga bagian-bagian yang terpotong dalam bentuk gambar bongkah agar memudahkan untuk komunikasi desain. Untuk model modifikasinya, sebaiknya yang familiar supaya lebih leluasa memakai T-Shirt hasil modifikasinya. Sebelum eksekusi sebaiknya pelajari dulu prosesnya seperti butuh atau tidaknya proses menjahit yang bisa kalian browsing di YouTube dengan keyword DIY Tank Top, misalnya.

Setelah memilih model modifikasi, lanjut ke eksekusi. Baik kalian sendiri maupun orang yang diutus pastikan memiliki keterampilan yang mendukung dengan desain yang diinginkan. Kalau patokannya pakaian jadi, gunakan contoh fisiknya untuk ditunjukkan ke orang lain yang diutus atau kalian sendiri yang mengerjakannya sebagai patokan bentuk. Untuk yang belum berpengalaman dan ingin mencoba sendiri, sebaiknya dicoba di lain T-Shirt untuk mengurangi kerugian karena kegagalan.

4. AKSESORI

Meskipun tidak berkaitan langsung dengan T-Shirt, memakai aksesori bisa jadi alternatif pembeda jika sudah mentok, baik produk re:ON comics seperti gelang, bando, masker, atau pin, maupun diluar itu.

5. TRIK SIMPEL

Melintingkan lengan T-Shirt, memasukkan baju, atau menyembunyikan lengan T-Shirt merupakan trik simpel disaat kepepet atau memang kurang bernyali dalam memodifikasi.

Menyembunyikan lengan baju dan baju dimasukkan

Ditulis oleh: Julkifri Ahmad Mursyid | Panelis “Mengontrol Fanatisme Pop Culture Jepang untuk Masyarakat Indonesia” pada event Road to KAORI Expo, konsultan kreatif.

KAORI Nusantara membuka kesempatan bagi pembaca utk menulis opini tentang dunia anime dan industri kreatif Indonesia. Opini ditulis 500-1000 kata dalam bahasa Indonesia/Inggris dan dikirim ke opini@kaorinusantara.or.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.