BAGIKAN

reon

Setelah pertempuran yang sengit melawan Playmaker, Blue Angel tidak sadarkan diri. Hal itu disebabkan oleh virus yang disebabkan oleh salah satu kartu dari Knight of Hanoi yang diberikan kepada Blue Angel yang membuatnya kehilangan kesadaran. Mengetahui hal tersebut, Yusaku meyakini bahwa Aoi Zaizen sedang berada di sekolah saat berduel bersamanya di Link Vrains. Ia pun mencari Aoi ke berbagai sudut sekolah dan akhirnya menemukan tubuhnya yang tergeletak tak sadarkan diri.

© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS
© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS

Melihat hal tersebut Yusaku pun menghubungi Akira Zaizen, manajer keamanan SOL Technologies yang merupakan kakak dari Aoi. Aoi kemudian dilarikan ke rumah sakit dan di sanalah Yusaku bertemu dengan Akira. Mengetahui tim medis tidak bisa menolong Aoi dari kondisi koma yang dideritanya, Akira berniat untuk menghakimi Playmaker karena ia yakin bahwa orang yang bertanggung jawab atas adiknya adalah Playmaker. Di sisi lain, Playmaker berniat untuk meyakini Akira bahwa ini adalah perbuatan Knight of Hanoi dan bermaksud untuk menyelamatkan nyawa Blue Angel. Revolver sang pimpinan Knight of Hanoi pun mulai menyiapkan taktik untuk menghadapi SOL Technologies dan Playmaker.

Nuansa cerita yang semakin serius

© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS

Cerita yang dibawakan dalam episode ke-8 ini bisa dikatakan semakin terasa serius setelah kejadian yang menimpa Blue Angel di episode 7. Sejak awal memang sudah disebutkan bahwa ada salah satu bahaya di Link Vrains di mana jika seseorang terluka di sana, maka bisa beresiko kepada kondisi mental dan bisa berujung kepada kematian. Di sisi lain Akira Zaizen pun berada dalam posisi sulit karena ia terancam kehilangan pekerjaan akibat tragedi yang menimpa adiknya. Kejadian yang menimpa Blue Angel ini menunjukkan bahwa hanya dalam 8 episode seri Yu-Gi-Oh! kali ini mulai mampu membangun sebuah cerita yang cukup serius.

© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS

Nuansa pembawaan cerita yang serius ini juga ditampilkan dari visual dan musik latar. Tampilan visual secara umum hingga ekspresi masing-masing karakter yang terlibat di episode ini terlihat menampilkan kesan yang serius. Begitu juga dengan musik latar di beberapa adegan yang turut membangun kesan intese untuk membangun suasana pembawaan cerita yang serius.

Pertemuan Playmaker dengan Akira Zaizen

© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS

Sejak episode-episode awal, pihak SOL Technologies terlihat tampil sebagai pihak yang mengejar Playmaker karena ia memiliki Ignis. Oleh karena itu hubungan antara Playmaker dengan SOL Technologies hampir terlihat seperti rival, meski tidak sekuat rivalitas antara Playmaker dengan para Knight of Hanoi. Dalam kisah-kisah vigilante, Playmaker adalah seorang vigilante yang mengejar penjahat Knight of Hanoi namun juga dikejar oleh pihak SOL Technologies.

Hubungan antara Playmaker dengan SOL Technologies menjadi menarik saat Yusaku bertemu dengan Akira di rumah sakit. Yusaku dan Eye berusaha meyembunyikan identitas Playmaker saat bertemu dengan Akira. Cara Yusaku menyembunyikan identitas tersebut dilakukan dengan memperkenalkan diri sebagai Yusaku Fujiki, teman sekolah Aoi Zaizen. Yusaku berusaha menghadirkan image sebagai teman dari Aoi kepada Akira dalam rangka menyembunyikan identitas sebenarnya. Akira yang tidak mengetahui identitas Yusaku sebagai Playmaker pun bersikap biasa-biasa saja kepada Yusaku.

© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS
© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS

Namun hal yang berbeda terjadi saat Akira bertemu dengan Playmaker di LINK VRAINS. Akira dan Yusaku yang semula terlihat biasa-biasa saja di dunia nyata, langsung menampilkan kesan permusuhan yang kental saat bertemu di LINK VRAINS. Kemarahan Akira didasari atas kecurigaan bahwa Playmaker adalah orang yang membuat Aoi tidak sadarkan diri. Di sisi lain Yusaku berperan dalam posisi sebagai Playmaker untuk menjelaskan bahwa semua itu bukanlah perbuatannya melainkan ulah para Knight of Hanoi. Hubungan antara Yusaku dan Akira langsung berubah drastis ketika saling bertemu di dunia virtual dengan mengenakan identitas yang berbeda.

© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS
© Kazuki Takahashi – Studio Dice / Shueisha – TV Tokyo – NAS

Secara keseluruhan episode ke-8 ini menarik untuk diikuti dengan alur cerita yang mulai berjalan serius. Pertemuan antara Playmaker dengan Akira juga sepertinya akan menjadi titik penting dalam perkembangan cerita di seri Yu-Gi-Oh! VRAINS ini. Meskipun kondisi koma yang dialami oleh Aoi Zaizen dirasa terlalu cepat dalam seri anime yang berjalan panjang ini, namun sepertinya Yu-Gi-Oh! VRAINS memiliki cara lain untuk memperkenalkan karakter di episode-episode awal ini.

KAORI Newsline | oleh Rafly Nugroho