Review: To Aru Kagaku no Railgun

    0

    Karakter utama di To Aru Kagaku no Railgun. Dari kiri ke kanan: Uiharu, Misaka, Kuroko, Saten.

    Advertisement Inline

    Salah satu anime 24-episode di musim ini yang menarik diikuti. Secara umum, temanya segar, dan dibawakan dengan baik. Seperti apa To Aru Kagaku no Railgun?

    Judul:
    A Certain Scientific Railgun
    とある科学{98;超電磁砲(レールガン) (Bahasa Jepang)
    科學超電磁砲 (hanyu pinyin)
    Mulai Tayang:
    2009-10-02 – 24 Episode

    Sinopsis:
    Anime ini mengambil setting yang sama seperti To Aru Majutsu no Index (Academy City). Ceritanya menekankan kepada Misaka Mikoto, pengguna level 5 di Academy City, bersetting 2 minggu sebelum ia bertemu dengan Kamijou Touma.
    Dalam perjalanannya, ia ditemani oleh Kuroko Shirai (pengguna level 2 yang bekerja di Judgement, yang merupakan klon Misaka), Kazari Uiharu (pengguna Level 1 yang bekerja di Judgement), dan Saten Ruiko (teman Uiharu).
    Dalam perjalanannya, mereka akan menyelidiki fenomena keanehan di Academy City, seperti Level Upper, dan misteri di balik program "Sisters".

    Kisah diawali dengan cerita Misaka dan Kuroko yang bersekolah di Academy City. Kuroko ingin mengenalkan Uiharu pada Misaka, yang dikenal sebagai Tokiwadai Ace. (Walau sebenarnya, itu adalah bagian dari rencana Kuroko untuk membawa Misaka ke love hotel). Kemudian, Uiharu dan Saten pun pergi berjalan-jalan di pusat kota bersama Misaka dan Kuroko.

    Saat mereka beristirahat, Kuroko melihat ada sebuah perampokan bank. Ketika perampok bank itu berhasil dikalahkan oleh Kuroko, namun seorang perampok berhasil membawa seorang anak. Saten berusaha menghentikannya, namun malah dilawan oleh si penjahat. Misaka yang melihat hal itu dari jauh pun mendadak emosional, dan menembakkan Railgun-nya ke arah mobil yang ditumpangi penjahat itu. Sang anak pun berhasil diselamatkan, dan para penjahat pun diamankan oleh tim Antiskill.

    Dan, mulai dari sinilah, kisah keseharian mereka berempat pun dimulai.

    Karakter:

    Mikoto Misaka
    Seiyuu: Rina Satō (Minami Haruka)
    Mikoto Misaka (御坂 美琴 Misaka Mikoto?) adalah pengguna level 5 di Academy City, dan menempati peringkat ketiga dari 7 orang berkekuatan level 5 di sana. Karena kemampuannya, ia dijuluki sebagai "Tokiwadai Ace".
    Dia bersekolah di SMP Tokiwadai (SMP untuk siswi dari kalangan menengah ke atas). Meski demikian, kelakuannya jauh dari kesan ojou-sama (ya, dia tsundere dan cepat naik darah).
    Kemampuannya adalah mengeluarkan listrik (dan akibat kemampuannya ia mampu merusak gardu listrik di kota sehingga menimbulkan pemadaman), membuat railgun dengan koin sebagai peluru, dan membentuk pedang/tali dari unsur besi dengan membuat medan magnet.
    Dia memiliki "lawan", yakni Touma yang menyebutnya biri-biri. Misaka menjadi kesal, karena Touma punya kemampuan menetralkan semua jurus yang dikeluarkan oleh pengguna level berapapun.

    Kuroko Shirai (白井 黒子 Shirai Kuroko?)
    Seiyuu: Satomi Arai
    Adik kelas Misaka di SMP Tokiwadai. Ia adalah adik kelas Misaka, memiliki kemampuan Level 4, dan menjadi anggota Judgement (lembaga penegak nilai moral).
    Kemampuannya adalah melakukan teleport dirinya sendiri dan benda-benda lain dengan radius 80-85 meter (dan dibatasi bermassa 130-137 kg).
    Di anime ini, kita akan lihat bagaimana hubungan Kuroko dan Misaka (yang dipanggil Onee-sama), sekaligus obsesi Kuroko untuk menaklukkan Misaka (mulai dengan aphrodisiak aka racun untuk membuat Misaka "horny" sampai dengan menjebaknya dalam acara menuju ke hotel berkedok jalan bersama Uiharu)

    Kazari Uiharu (初春 飾利 Uiharu Kazari?)
    Seiyuu: Aki Toyosaki
    Partner Kuroko di Judgement. Ia berada di SMP Sakugawa (SMP yang biasa-biasa saja), pengguna level 1, dan sangat pemalu.
    Kemampuannya tidak jelas, tapi dia sangat ahli dalam soal komputer dan familiar dengan masalah hack-crack.

    Ruiko Saten (佐天 涙子 Saten Ruiko?)
    Seiyuu: Kanae Itō
    Teman sekelas Uiharu. Ia memiliki level 0 (dan tanpa kemampuan), serta bisa kita lihat kebiasaannya menyibak rok Uiharu di depan umum tanpa malu-malu.
    Meskipun terlihat biasa, namun sebenarnya ia minder karena tidak punya kemampuan apapun. Dalam kasus Level Upper, ia pun ikut mendengarkan lagu itu, dan akhirnya terjebak dalam koma.

    Kesan:

    Anime ini adalah side-story dari To Aru Majutsu no Index (walau tetap bisa dicerna tanpa harus menonton Index). Aksi-aksinya sangat bagus, dan nyaris tanpa cela. Selain itu, meski kamu nggak suka dengan anime bertema futuristik, di Railgun kesan ini menjadi hilang.
    Openingnya "Only my Railgun" dibawakan oleh Fripside. Entah karena apa, sehingga openingnya menjadi sasaran empuk parodi kereta api (diplesetkan menjadi Only my Railway). Pada pekan pertamanya, lagu ini sukses menembus posisi 5 di tangga lagu yang dirilis oleh Oricon.
    Endingya "dear my friend" oleh ELISA. Biasa-biasa saja

    Saya suka dengan suara Kuroko Shirai. Terdengar "nakal".

    Disutradarai oleh Hiroshi Nishikiori dan diadaptasi oleh studio animasi JC staff, saya menangkap kesan "Shana, Index, Toradora, Zero" di Railgun. Mungkin faktor studio kali. Dan entah kebetulan, nyaris semua anime yang diangkat studio ini pasti ada karakter tsunderenya.

    Desain gambar cukup bagus. Tidak "wah" tapi kualitasnya sesuai dengan jalan ceritanya. Jalan ceritanya juga gradual. Di episode 1-3 penonton diajak beradaptasi. Sehingga, ketika di episode 4, tidak kaget saat jalan cerita dibuat makin cepat.

    Kesimpulan:

    Anime bagus dengan berbagai hal yang cukup seimbang kadarnya. Jadi, bila kekurangan tontonan, saya sarankan ambil anime ini.

    Shin Muhammad | Dari review Imran Hanif di GM-MarKA | KAORI Newsline

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.