BAGIKAN
K3 di pasoso
K3 "Transmigrasi" tertangkap kamera di Stasiun Pasoso (KPKD2SB)

reon

Setelah pada bulan Mei 2017 mendapat tambahan lima lokomotif dari Divisi Regional (Divre) 3 Sumatera Selatan dan kepulangan KKBW 25 ton eks angkutan batubara Ombilin, kali ini Divre 2 Padang kembali mendapatkan alokasi kereta penumpang kelas ekonomi (K3) dari Pulau Jawa.

Salah satu K3 yang akan dipindahkan dari LCT ke dermaga pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat (KPKD2SB)

K3 yang “bertransmigrasi” ini mulai diberangkatkan pada tanggal 20 Agustus 2017, dimana terlihat 1 K3 sudah berada di atas multi-axle trailer di stasiun Pasoso, Jakarta Utara, dan siap untuk dinaikkan menuju Landing Craft Tank (LCT)

K3 yang dikirimkan ke Divre 2 merupakan K3 milik Dipo Induk Rangkasbitung (RK), yang sebelumnya pernah melayani perjalanan KA Rangkas Jaya dengan relasi Tanah Abang – Rangkasbitung. Namun dengan penghapusan KA Rangkas Jaya pasca diresmikannya Commuter Line dengan rute yang sama, beberapa rangkaian K3 eks Rangkas Jaya digunakan untuk perjalanan KA lokal, namun 3 K3+ 1KMP3 ada yang dikirimkan ke Divre 2.

K3 yang siap dipindahkan menggunakan multi-axle trailer untuk diturunkan di areal luar pelabuhan (KPKD2SB)
K3 yang berhasil diturunkan, ditarik oleh BB303 78 04 dari Stasiun Bukit Putus ke Stasiun Padang (KPKD2SB)

Rencananya, penambahan 3K3 + 1 KMP3 ini untuk menutupi kekurangan sarana pada rangkaian KA Sibinuang, yang saat ini masih dirasa kurang, mengingat okupansi yang terus meningkat.

Cemplus Newsline