CharaTalks: Membedah Karakter Fiksi Bersama NaoBun Project

0

NaoBun Project, proyek berbasis IP ini baru-baru ini meluncurkan acara bincang-bincang mereka berjudul CharaTalks. Bekerjasama dengan Japan FoundationCharaTalks adalah sebuah acara bincang-bincang yang membiacarakan mengenai karakter fiksi yang dipandang dalam berbagai aspek. Bincang-bincang ini sendiri dibawakan oleh Bonni Rambatan selaku kreator dari NaoBun Project, dan komikus Jasmine Surkatty.

Dalam episode pertama yang diberi judul How Japan’s Characters Help its Cultural Dominance, Bonnie dan Jasmine membicarakan bagaimana negara Jepang mampu mengembangkan politik “soft power” dengan menggunakan budaya pop dan karakter fiksi. Dari propaganda nuklir tahun 1993, hingga sosok Kumamon yang begitu fenomenal beberapa tahun belakangan ini, Jepang memiliki sejarah yang cukup panjang dan beragam dalam menggunakan karakter fiksi untuk kepentingan politik.

Intip bincang-bincangnya berikut ini:

NaoBun Project, adalah proyek dari sepasang komikus dan desainer asal Jakarta, Bonni Rambatan dan Naomi Saddhadhika, di mana proyek ini adalah sebuah IP factory, atau pabrik karakter dan cerita yang nantinya akan diolah menjadi komik dan produk-produk lainnya yang memiliki muatan edukasi mengenai isu-isu sosial dan lingkungan. Proyek ini juga menggabungkan pengalaman membaca komik, bermain game, dan berkarya dengan kreativitas dalam produk-produknya, demi menghasilkan komik-komik yang inovatif.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.