BAGIKAN
Gantry Launcher Crane proyek DDT tergelincir dan ambruk di Matraman (Foto : kompas.com/Sherly)

Musibah tak terduga kembali terjadi di proyek konstruksi prasarana perkeretaapian Indonesia. Minggu (4/2) pagi ini, gantry launcher crane (pengangkat dan pemasang bentang/girder) untuk konstruksi jalur layang kereta api (KA) proyek jalur KA dwiganda (Double-Double Track) lintas Manggarai – Cikarang di wilayah Matraman, Jakarta Timur tergelincir dan ambruk.

Lokasi kejadian berada di KM 1+300 petak jalur lintas Manggarai – Jatinegara. Peristiwa tersebut berlangsung seketika sekitar pukul 05:00 WIB dan membuat beberapa pekerja yang sedang melakukan aktivitas pekerjaan turut menjadi korban. Gantry yang tergelincir membuat beton penyangganya mengalami runtuhan dan menimpa beberapa pekerja. Diketahui 4 orang diantaranya meninggal dunia, sedangkan beberapa orang dikabarkan terluka. Korban langsung dievakuasi ke beberapa rumah sakit terdekat tak lama setelah kejadian.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti penyebab peristiwa tersebut. Hujan deras beserta angin yang cukup kencang yang sedang melanda wilayah Jabodetabek pada Minggu (4/2) pagi diduga sebagai salah satu faktor pendukung, namun kepastian penyebab dan kronologi sedang diinvestigasi lebih lanjut oleh pihak kontraktor dan pemilik proyek, bersama pihak kepolisian dan beberapa pihak terkait.

Gantry Launcher Crane proyek DDT tergelincir di petak Manggarai – Jatinegara (Foto : wartakota.tribunnews.com/Joko S)
Advertisement Inline

Meskipun bersebelahan dengan jalur KA aktif, kejadian tersebut untungnya tak berdampak kepada perjalanan KA lintas Manggarai – Jatinegara. Perjalanan KA di lintas tersebut tetap normal dan tidak terganggu.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.