BAGIKAN
Rangkaian eksekutif tahun 2018 saat uji coba | Foto: Nasrudin.

Setelah sebelumnya mengoperasikan kelas ekonomi premium produksi tahun 2017 dan mulai menguji coba rangkaian kereta ekonomi produksi tahun 2018 dengan bodi stainless, kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengadakan uji coba. Pada Jumat (9/2) rangkaian kereta eksektuif berbodi stainless mulai diuji coba.

Rangkaian tersebut diuji coba dari Madiun menuju arah barat dengan rute mengitari lintas selatan dan utara Jawa, dari Madiun rangkaian menuju Bandung melalui Yogyakarta, Kroya dan Banjar, kemudian menuju arah utara melalui Cikampek, Cirebon, Semarang kembali menuju Madiun. Berangkat dari Madiun pada pukul 7 pagi, rangkaian uji coba tersebut ditarik oleh lokomotif CC 206-98.

Baca juga: Jadi KA Reguler, GBMS Tambahan Kini Bernama Jayakarta Premium

Advertisement Inline

Berbeda dengan kereta penumpang milik KAI yang beroperasi saat ini yang menggunakan bodi mild steel, rangkaian premium produksi 2018 ini menggunakan bodi dari bahan stainless steel. Apabila kereta dengan bodi mild steel di cat dengan warna putih sesuai dengan livery milik KAI, maka rangkaian dengan bodi stainless steel ini tidak dicat.

Uji coba kereta eksekutif terbaru | Foto : Nasrudin

Uji coba sendiri dilakukan guna memastikan bahwa rangkaian kereta tersebut siap untuk beroperasi. Hasil pengujian tersebut nantinya akan dijadikan bahan evaluasi apakah rangkaian dengan bodi stainless steel tersebut sudah menenuhi standard atau masih harus disempurnakan kembali. Pihak KAI sendiri belum mengkonfirmasi akan digunakan untuk KA apa nantinya rangkaian premium tahun 2018 ini. Rangkaian ini merupakan bagian dari rencana KAI untuk menggantikan kereta-kereta berusia uzur yang sudah berdinas sejak era 1960 dan 1980.

Cemplus Newsline By KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.