BAGIKAN
(© Kemono Friends Project A)

Pada hari Minggu lalu, para penikmat anime dikejutkan dengan hadirnya sekuel dari serial anime fenomenal Kemono Friends. Sekuel yang bejudul Kemono Friends 2 ini akhirnya akan dikerjakan juga oleh tim animator yang berbeda setelah sebelumnya telah diumumkan sejak cukup lama. Meskipun begitu, kontroversi ternyata kembali menghampiri proyek anime “sahabat satwa” ini. Apa penyebabnya?

Selain mengumumkan pengerjaan sekuel serial animenya, para staf anime ini juga membuka audisi unit seiyuu baru untuk anime Kemono Friends 2, di mana pendaftarannya dibuka hingga 10 September. Setelah situsnya dibuka, para warganet kemudian menyadari naskah audisi yang diunggah di situs tersebut ternyata mirip dengan naskah latihan seiyuu yang dimuat di sebuah blog bernama “Mezasou! Seiyuu“. Blog yang ditulis oleh pengguna bernama Akari-sensei ini dibuat untuk membantu orang-orang yang berminat menjadi seiyuu.

Melalui akun Twitternya, Akari-sensei mengaku ia merasa sedih dan menyayangkan para staf yang bertugas menangani proses audisi tersebut telah menggunakan naskah tulisannya tanpa izin dan mencantumkan namanya. Dalam tulisan blog-nya pada Oktober 2017, ia mengingatkan naskah tulisannya boleh dipakai untuk keperluan pribadi, namun mereka harus mencantumkan namanya bila naskahnya digunakan untuk situs lain dan keperluan komersil lainnya.

Advertisement Inline

Menanggapi kontroversi tersebut, pihak Age Global Productons yang terlibat dalam proses produksi anime Kemono Friends akhirnya melakukan investigasi terhadap laporan dugaan plagiat tersebut. Naskah yang dianggap bermasalah pun kemudian ditarik dan digantikan dengan naskah baru. Pada Senin (4/9), para staf akhirnya memohon maaf atas kejadian tersebut lewat situs resminya dan berjanji agar hal tersebut tidak terulang kembali.

Walau ia merasa “berat hati” karena tindakan plagiarisme yang dilakukan staf audisinya, dalam tweet selanjutnya Akari-sensei mengaku ia sebenarnya tidak mengharapkan uang pengganti atau permintaan maaf atas kesalahan tersebut. Ia justru menyemangati mereka yang ingin mengikuti audisi unit Kemono Friends 2 agar berusaha sebaik mungkin. Setelah naskah audisi tersebut ditarik, Akari-sensei pun mengucapkan rasa terima kasih kepada para pengguna Twitter atas dukungannya.

© Kemono Friends Project A

Kemono Friends merupakan serial anime 3DCG yang diproduksi studio Yaoyorozu. Anime ini diangkat berdasarkan proyek media-mix yang digagas oleh oleh Mine Yoshizaki (Keroro Gunsou). Anime ini berhasil membuat berbagai kejutan di jagat dunia maya Jepang ketika anime ini ditayangkan pada musim dingin 2017. Musim kedua anime ini telah dipastikan tidak akan ditangani oleh sutradara TATSUKI dan tim studio Yaoyorozu.

Berkat kepopuleran animenya, gim terbaru dari proyek mix-media ini akhirnya diproduksi lagi oleh Bushiroad. Berjudul Kemono Friends Pavilion, gim ini telah tersedia sejak Januari 2018 lalu di platform ponsel pintar Android dan iOS.

Baca Juga:

Ulasan Kemono Friends: Budget Rendah, Gambar Jelek, Tapi Sukses dan Dicintai Penontonnya

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.