BAGIKAN
Copyright(c)TV TOKYO Corporation All rights reserved.

Siapa yang tidak kenal dengan Captain Tsubasa? Serial komik sepakbola yang satu ini memang cukup legendaris dan begitu digemari oleh banyak orang. Karena ketenarannya tersebut, komik ini bahkan sampai berkali-kali diadaptasi menjadi anime, pada tahun 1983, 1994, 2001, dan yang terbaru adalah 2018. Itu belum termasuk dengan film-film layar lebar dan juga OVAnya. Seolah tak mau ketinggalan, Captain Tsubasa juga cukup populer di Indonesia, bahkan selain komiknya yang telah diterbitkan oleh Elex Media, seri-seri animenya, baik tahun 1983, 1994, dan 2001 semuanya juga sudah ditayangkan di Indonesia, di sejumlah stasiun televisi, baik itu TV7 (sekarang TRANS7), RCTI, LATIVI (sekarang TV ONE), Space Toon, ANTV, dan Global TV (sekarang GTV).

Kini, nampaknya publik di Indonesia juga akan kembali disambut dengan kehadiran kembali anime Captain Tsubasa di televisi lokal. Hal tersebut terungkap berdasarkan data pada Lembaga Sensor Film, di mana tercatat per Desember 2018, stasiun televisi RCTI telah mendaftarkan anime Captain Tsubasa ke Lembaga Sensor Film, di mana tak kurang dari 10 episode anime tersebut telah didaftarkan. Yang menarik, anime yang didaftarkan oleh RCTI ini kemungkinan besar adalah anime Captain Tsubasa versi terbaru yang diproduksi oleh David Production pada tahun 2018. Hal ini terungkap melalu pengakuan Hardi, seiyuu Kojiro Hyuga di Captain Tsubasa: Road to 2002 versi penayangan Global TV pada tahun 2017 lalu, di mana berdasarkan pengakuan di akun Facebooknya, Hardi tengah mengaku sedang mendubbing anime Captain Tsubasa 2018.

Captain Tsubasa adalah komik tentang sepakbola karya Yoichi Takahashi dan diterbitkan oleh Shueisha. Dalam komik ini dikisahkan mengenai Tsubasa Ozora adalah seorang pemuda yang bercita-cita tinggi menjadi seorang pemain sepak bola hebat dan menjadi pemain Tim Nasional Jepang. Kecintaannya kepada sepak bola membuatnya bertemu banyak teman, rival dan menghadapi berbagai tantangan menjadi pemain sepakbola nomor 1, dengan slogan legendaris “Bola adalah teman.”

Adapun untuk anime versi baru yang sedianya akan ditayangkan di Indonesia ini, Leni M Tarra akan didapuk untuk menyuarakan Tsubasa Ozora. Leni M Tarra sendiri sebelumnya juga sempat menjadi seiyuu Tsubasa Ozora pada penayangan anime Road to 2002 oleh Global TV pada tahun 2017 lalu. Adapun Hardi yang sebelumnya berperan sebagai Kojiro Hyuga kini masih belum jelas akan berperan sebagai siapa.

Intip panduan KAORI atas anime Kapten Tsubasa 2018 berikut ini:

Spring 2018 Anime: Captain Tsubasa (2018)

KAORI Newsline | Photo courtesy of Hardi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.