BAGIKAN

Apakah OVA-nya Menghibur?

FGO - OVA Fate/Grand Order: First Order
©Type Moon · Aniplex · LayDuce

Inti dari sebuah adaptasi anime yang berasal dari suatu game adalah kemampuan untuk mengemas plot cerita secara padat namun tidak menghilangkan esensi cerita secara keseluruhan. Dalam kasus ini, OVA Fate/Grand Order: First Order mampu mengadaptasi cerita game FGO yaitu Singularity F dengan baik tanpa modifikasi cerita yang berlebih. Pemotongan ceritanya terkesan cukup baik, seperti adegan Caster yang telah berhasil mengalahkan Rider dan Assassin sebelum Ritsuka dkk datang ke Singularity tersebut.

Selain itu perubahan desain pada Archer Emiya yang diberi kesan corrupted untuk menjadi main villian memberikan efek yang unik dan segar sehingga penonton dapat melihat seberapa besar perbedaan Archer saat menjadi Hero dan saat menjadi Villian.

Adegan aksi dihadirkan dalam porsi yang cukup banyak. Adegan aksi ini dihadirkan dengan cara yang beragam, mulai dari yang simpel hingga menggunakan efek spesial hingga CGI. Tidak lupa adegan-adegan romansa antara Ritsuka x Mashu menjadi bumbu pelengkap dalam lika-liku cerita kali OVA Fate/Grand Order ini.

Advertisement Inline

Tidak perlu dipungkiri jika kualitas seiyuu yang terlibat dalam OVA Fate/Grand Order First Order ini memang bisa patut diacungi jempol karena kemampuan mereka membawakan karakteristik masing-masing karakter dengan baik. Seperti Ritsuka yang sebelumnya adalah karakter tanpa suara di dalam game FGO, sekarang memiliki kepribadian yang jelas setelah disuarai oleh Shimazaki Nobunaga secara cemerlang. Belum lagi suara khas Mashu yang membuat fans FGO meleleh berkat kemampuan Takahasi Rie.

Selain itu, para karakter yang sebelumnya muncul di seri Fate Stay/Night seperti Saber Alter Artoria dan Archer Emiya hadir dengan ciri khas mereka masing-masing seperti yang telah familiar para fans kenali selama ini. Di sisi lain, Lancer Cu dan Rider Medusa mengalami perubahan Class demi penyesuaian cerita, namun itu bukanlah hal yang aneh. Dalam cerita FGO sendiri terdapat konsep bahwa setiap servant dapat dipanggil dalam class yang berbeda sesuai dengan sejarah atau mitologi yang mereka miliki.

Apakah Ceritanya Berhubungan dengan Seri Fate Lain?

©Type Moon · Aniplex · LayDuce

Bukan hal aneh jika suatu seri bertajuk Fate akan menyinggung seri lain dengan judul yang sama. Hal ini dilakukan secara langsung oleh OVA Fate/Grand Order First Order dengan menyinggung seri Fate Stay/Night karena penggunaan kota Fuyuki serta latar tahun 2004 sebagai latar belakang ceritanya. Perlu digaris bawahi bahwa kota Fuyuki yang hadir kali ini bukan kota yang para penonton kenal seperti dalam Fate/Stay Night. Perbedaan mendasar yang terjadi sejak awal cerita adalah para master dari seluruh servant telah menghilang dan Artoria Pendragon dipanggil sebagai Saber Alter dan menghabisi seluruh servant lain kecuali Caster Cu.

Hal ini juga ditegaskan dalam cerita bahwa kejadian Singularity F adalah sebuah anomali pada timeline FGO. Kejadian Holy Grail War di kota Fuyuki yang terjadi selama 5 kali di seri Fate/Stay Night tidak pernah terjadi sama sekali di sini sebelumnya, sehingga hal itu menyebabkan pergeseran sejarah manusia yang mengakibatkan kehancuran dunia. Seluruh kejadian yang terjadi di seri Fate lain tidak memiliki pengaruh besar terhadap cerita FGO secara keseluruhan.

Kesimpulan

©Type Moon · Aniplex · Lay-Duce

OVA Fate/Grand Order: First Order adalah sebuah adaptasi yang mudah untuk dicerna dan dipahami oleh penonton yang belum pernah terjun ke dalam franchise Fate karena tidak ada istilah-istilah cerita yang rumit dibahas. Akan tetapi, jika penonton belum pernah melihat anime Fate/Stay Night maka akan kebingungan dengan hubungan karakter yang pernah muncul dalam seri tersebut. Selain itu segi kualitas animasi pun bisa dibilang cukup baik dan berada dalam batas aman. Bagi para fans yang menyukai “ship” Ritsuka x Mashu, OVA ini dapat memberikan efek yang begitu nendang tentang kondisi hubungan dua sejoli yang malu-malu tapi mau ini.

Aniplex serta Studio Lay-Duce pun selanjutnya turut merilis sebuah OVA pada momen pergantian tahun 2017 menuju 2018 dengam judul Fate/Grand Order: Moonlight/Lostroom yang akan dibahas pada kesempatan berikutnya. Bagi Anda yang ingin memahami cerita dari gim FGO, OVA Fate/Grand Order: First Order ini adalah wadah yang tepat untuk melakukan hal tersebut!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.