BAGIKAN

Sebuah awal cerita dan mimpi di dalam mimpi yang terus terulang seperti Da Capo.
(Sakura Yoshino)


Kembali lagi bersama saya setelah sekian lama tidak sempat menulis karena urusan dunia nyata. Kali ini saya akan kembali membahas seri novel visual yang saya sukai, yaitu seri novel visual yang berjudul Da Capo. Sebuah seri novel visual yang saya kenal sejak tahun 2015 dari adaptasi anime Da Capo III, yang akhirnya membuat saya memainkan gim novel visualnya.

Da Capo, atau yang dikenal dengan D.C. merupakan seri novel visual yang dirilis dan diproduksi oleh Circus. Seri pertama dari D.C. rilis pada tahun 2002 dengan format CD dan DVD telah dirilis untuk platform Windows, dengan jumlah heroine awalnya sebanyak 7 rute heroine. Kemudian versi upgrade dari novel visual ini dengan judul Da Capo ~Plus Situation~ kemudian dirilis di konsol PS2 dengan tambahan 6 rute heroine. Kemudian, versi ini kemudian dirilis kembali di PC dengan rating 18 tahun ke atas dengan judul Da Capo ~Plus Communication~.

Advertisement Inline

Pada tahun 2006, Circus merilis sekuel dari D.C. yaitu Da Capo II atau D.C. II. Latar cerita dalam novel D.C. II berlatar 50 tahun setelah kisah D.C. terjadi, dengan mengambil cabang cerita dari akhir rute Nemu (salah satu karakter D.C.) dengan main heroine-nya adalah dua cucu perempuan dari Nemu, yaitu Otome dan Yume. Versi upgrade dari novel D.C. II juga turut dirilis, yang awalnya ada 6 heroine menjadi 14 heroine, dengan judul Da Capo II ~Plus Situation~ (versi PS2) dan Da Capo II ~Plus Communication~ (versi PC dari port PS2).

Pada 2012 Circus kembali merilis sekuel dengan judul D.C. III ~Da Capo III~ untuk PC Windows dengan rating usia semua umur, yang kemudian dirilis kembali dalam versi rating 18+ pada 2013 dengan judul D.C. III ~Da Capo III~  R. Novel ini berlatar setelah 20 tahun setelah kisah D.C. II. Perlu diketahui juga, setiap seri D.C. ini memiliki fandisc yang banyak sekali, seperti D.C Onsen-hen, D.C. Seasons, D.C. II ~To You~, D.C. II ~Fall in Love~, D.C. III ~Platinum Partner~, D.C. III ~Dream Days~, dan lain-lain.

Seri novel visual D.C. ini juga telah diterjemahkan secara resmi ke dalam versi Inggris oleh Mangagamer, yang rilis pada 2007 untuk Da Capo, 2010 untuk D.C. II, dan 2017 untuk D.C. III. Dan sekarang pada tahun 2019, Circus akan merilis sekuel ke-empat dari seri ini dengan nama D.C. ~Da Capo~ 4  pada 31 Mei, atau tepatnya akhir bulan ini. D.C. 4 sendiri akan dirilis dengan rating semua umur untuk versi Windows. Ceritanya sendiri mengambil latar yang kali ini sedikit berbeda dari seri Da Capo sebelumnya. Bahkan Anda sudah bisa mencoba versi trial-nya dari web resmi Circus.

Pengenalan

Seri Da Capo atau D.C. dari I sampai III mengambil latar di sebuah pulau fiktif yang berada di Jepang bernama Hatsune-jima. Pulau Hatsune sendiri terkenal dengan bentuk pulaunya yang seperti bulan sabit dan juga pohon sakura yang ajaib.Knon katanya, pohon Sakura di Hatsune-jima bisa mengabulkan keinginan terdalam seseorang.

D.C. ~Da Capo~ Seasons (© CIRCUS)

D.C. I menceritakan kisah Junichi Asakura yang tinggal di Hatsune-jima bersama adik tirinya bernama, Nemu Asakura. Mereka bersekolah di Kazami Gakuen, dan di sana mereka berteman baik dengan karakter yang ada. Seperti Miharu, adik kelas Junichi dan Nemu yang ceria; Kakak beradik Mizukoshi, yang karakternya berbanding terbalik bernama Moe dan Mako; atau pun karakter legendaris D.C. yang bernama Suginami, dan lain-lain. Kehidupan Junichi berubah ketika kakak sepupu Junichi bernama Sakura Yoshino kembali ke Hatsune-jima untuk menagih janji mereka sewaktu kecil. Diam-diam, Sakura sendiri mengetahui kekuatan misterius pohon Sakura legendaris di Hatsune-jima itu. Pohon legendaris itu menuntun Junichi mengungkap permohonan dan rahasia para heroine yang ada di Da Capo.

Karakter dari D.C. II ~Da Capo II~ (© CIRCUS)

D.C. II, sekuel dari D.C., menceritakan kisah Yoshiyuki Sakurai yang diadopsi oleh keluarga Asakura, yang hidup tentram bersama cucu dari Junichi dan Nemu yang bernama Otome dan Yume. 50 tahun setelah cerita D.C. di mana pohon sakura yang dulu gugur karena suatu hal yang berhubungan dengan Sakura, Junichi, dan Nemu, bangkit kembali mengabulkan keinginan para pemohonnya, tapi ada akibat yang membuat kejadian mengerikan terjadi di Hatsune-jima.  Junichi dan Sakura kembali dalam sekuel ini dengan beberapa perubahan. Junichi yang semakin bijak karena usianya. Sementara itu Sakura masih sama seperti dulu dan memiliki sifat keanak-anakannya, namun menjadi lebih dewasa dan menjadi kepala sekolah dari Kazami Gakuen, tempat para karakter D.C II bersekolah. Dan di balik itu semua, Sakura yang tidak pernah berubah menyimpan sebuah rahasia besar.

Heroine dari D.C. III ~Da Capo III~ (© CIRCUS)

Lanjut kembali, D.C. III yang menceritakan kisah Kiyotaka Yoshino, seorang anggota klub koran sekolah, dan para anggota klub tersebut. Rikka, Himeno, Sara, Aoi, dan Charles. 20 tahun setelah pohon sakura legendaris itu gugur untuk kedua kalinya di tangan Otome demi menyelamatkan Yoshiyuki dan Hatsune-jima, pohon sakura tersebut mekar kembali karena keinginan yang mereka panjatkan pada pohon itu. Dan uniknya D.C. III juga mengambil latar 100 tahun sebelum kisah D.C. pertama yang berlatar di sekolah sihir yang terletak di Inggris, bernama Kazamidori Gakuen.

Ulasan seri novel visual Da Capo berlanjut ke halaman selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.