BAGIKAN
ponimu

Memang tidak bisa dipungkiri kalau masih banyak situs bajakan yang menjadi sumber dari banyak otaku di Indonesia untuk mendapatkan dosis anime hariannya. Walaupun dewasa ini mulai banyak situs-situs yang menyediakan anime legal dengan harga yang cukup terjangkau, masyarakat sepertinya masih enggan untuk berpaling, ada apa gerangan?

Mungkin pertanyaan yang retorik, tapi anime bajakan memang masih menguasai sebagian besar pasar Indonesia. Selain dari faktor ketersediaan, faktor finansial sepertinya juga memegang peranan yang penting dalam proses pengambilan keputusan para penikmat anime memenuhi kebutuhan mereka.

Tentu hal ini menjadi tantangan bagi Ponimu yang menyediakan anime-anime legal. Ponimu sendiri dalam beberapa kesempatan pernah membicarakan mengenai pandangan mereka terhadap anime bajakan, di mana walaupun ilegal, bajakan masih dibutuhkan untuk distribusi anime yang lebih cepat, dan memang tidak mungkin untuk bisa langsung berpaling dari bajakan.

Advertisement Inline

Lalu apa saja sih faktor yang menurut Ponimu memiliki andil dalam merebut hati penonton anime dari penyedia anime-anime legal? Berikut adalah poin-poinnya:

  1. Gratis

Siapa yang tidak suka dengan kata gratis? Banyak anime yang tersedia secara gratis di internet dan accessible untuk semua orang, sehingga tidak heran bila layanan anime berbayar kurang populer di mata mereka.

  1. Mudah untuk Ditemukan

Sepertinya kamu tidak akan susah untuk menemukan anime bajakan di internet, hanya bermodalkan google maka kamu bisa disuguhi berbagai macam situs yang menyediakan banyak judul anime.

  1. Library yang luas

Keterbatasan library menjadi salah satu kendala anime legal, karena tidak semua anime bisa didapatkan lisensinya dengan mudah. Namun library anime bajakan tersedia dengan sangat luas membuat para penikmatnya sulit untuk berpaling.

  1. Bisa diunduh

Pengunduhan menjadi faktor yang cukup penting karena banyak penikmat anime yang memilih untuk mencari wi-fi lalu menonton anime yang sudah diunduhnya di rumah. Karena dengan cara ini mereka bisa menghemat kuota.

  1. Versi hemat

Versi hemat menjadi alternatif yang baik bagi para penghemat kuota, dengan versi ini, sebuah anime dengan kualitas HD bisa diunduh tanpa menghabiskan paket data penonton.

Ingin baca lebih banyak? Yuk baca langsung artikel Ponimu mengenai kenapa nonton anime bajakan lebih disenangi.

Tentang Ponimu Indonesia

Ponimu Indonesia adalah sebuah situs streaming simulcast anime yang akan dibuka pada bulan Juli 2018 mendatang (tentatif). Situs ini akan memuat anime-anime legal yang dibawakan langsung dari Jepang dengan terjemahan bahasa Indonesia. Ponimu juga menawarkan layanannya dalam kualitas HD jadi para pengguna dapat menonton anime favorit mereka dengan kualitas terbaik.

Ponimu bekerja sama dengan penerjemah profesional yang akan mengerjakan subtitel anime yang tayang di Ponimu berdasarkan teks bahasa Jepang yang didapat dari komite produksi. Hal ini memastikan kualitas dari terjemahan yang baik serta ketepatan dari terjemahan itu sendiri.

Ponimu juga sudah memiliki hubungan yang baik dengan beberapa lisensor, diantaranya adalah Hakuhodo dan juga FCC. Ponimu juga sudah beberapa kali melakukan pendekatan ke pemilik lisensi besar seperti Production Reed, TV Tokyo, dan juga Aniplex.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

3 KOMENTAR

  1. Menurut saya, ponimu kurang mempunyai nilai jual di banding kompetitornya (contoh: crunchyroll dg steam dan netplik yang udah punya library luas yang hampir memadai untuk tontonan anime populer dan mainstream)

    Masalahnya tingginya pembajakan karena faktor dari penggunanya yang masih belum bisa mengapresiasi Karya seni baik anime maupun manga

  2. klo menurut sy, bakal sulit menjadi penyedia anime legal dari nol… harus ada yg jadi pembeda atau pengenal ke orang banyak terlebih dahulu

    contohnya crunchyroll yang awalnya juga website untuk anime ilegal
    dan beberapa contoh lagi serupa kyk cr untuk website hentai kayak fakku yang awalnya pure ilegal dan pada akhirnya berputar 180 derajat menjadi website penyedia media legal. (ada tanda-tanda mangarock ingin mengikuti jalan ini dengan mengadakan manga indie di websitenya)

    selain berawal dari ilegal ada beberapa juga yang menayangkan anime orisinilnya kayak netflix. Ponimu juga ada beberapa animasi Indonesia yang dipromosikan ponimu, dan saya rasa di situ celah ponimu agar berkembang yaitu dengan bekerjasama dengan studio2 animasi Indonesia untuk seri orisinilnya selain bekerja sama dengan pemegang lisensi animasi jepang.

  3. kalau menurut saya ada satu kekurangan lagi anime legal dari pengelaman saya bahasanya terlalu kaku alias tidak kekinian jadinya sedikit agak aneh bagi orang yang tidak biasa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.