BAGIKAN
Studio 1 Kyoto Animation setelah insiden pembakaran (Foto: Carl Court/Getty Images)

Insiden pembakaran studio 1 Kyoto Animation yang terjadi pada 18 Juli lalu menjadi duka mendalam bagi industri animasi Jepang. Insiden yang dilakukan oleh pelaku tidak bertanggung jawab ini kini telah menelan korban jiwa sebanyak 35 orang serta korban luka lainnya yangs sebagian besar merupakan staf studio ini.

Pihak kepolisian Kyoto sebelumnya mengonfirmasi semua korban jiwa dari tragedi ini telah selesai diidentifikasi. Kepolisian juga menambahkan pengungkapan nama-nama korban pada saat itu tidak akan dilakukan dalam waktu dekat untuk menghormati kondisi pihak keluarga yang sedang berkabung serta memperhatikan kondisi lain seperti proses tes DNA.

Pada 2 Agustus, pihak kepolisian Kyoto akhirnya mengumumkan 10 nama dari 35 korban jiwa tragedi pembakaran studio 1 Kyoto Animation yang telah diidentifikasi. Pengumuman tersebut dilakukan dengan izin dari pihak keluarga korban.

Advertisement Inline

Dilansir dari laman Kyoto Shimbun, semua nama korban yang telah diungkap hampir semuanya merupakan staf studio ini dari beragam posisi jabatan serta usia. Beberapa nama korban merupakan sosok yang memegang peran yang begitu penting dalam aktivitas produksi studio KyoAni, yaitu Yasuhiro Takemoto (47), Futoshi Nishiya (37) dan Yoshiji Kigami (61).

Berikut adalah 10 nama korban jiwa dalam insiden pembakaran studio Kyoto Animation yang telah diumumkan oleh pihak kepolisian.

  • Junichi Uda (34) – In-betweener
  • Yuka Kasama (22)
  • Yuuki Oomura (23)
  • Yoshiji Kigami (61) – In-betweener, key animator, pendesain karakter, storyboarder, sutradara animasi, sutradara, mentor studio.
  • Ami Kuriki (30) – Key animator
  • Yasuhiro Takemoto (47) – Sutradara
  • Sachie Tsuda (41) – Finish animation/digital painting, sutradara animasi
  • Futoshi Nishiya (37) – Pendesain karakter
  • Keisuke Yokota (34) – Manajer produksi
  • Mikiko Watanabe (35) – Art director

Yoshiji Kigami merupakan staf veteran yang telah malang melintang di dunia industri anime Jepang. Semasa berkarir bersama studio Kyoto Animation, ia menggunakan nama Ichirou Miyoshi dan menangani berbagai serial anime buatan KyoAni sebagai sutradara episode, mulai dari Clannad, K-On!, Chuunibyou demo Koi ga Shitai, hingga Violet Evergarden. Ia disebut-sebut juga menjadi mentor bagi para animator muda yang bergabung ke studio ini.

Yasuhiro Takemoto merupakan sosok sutradara yang telah menangani banyak serial anime yang dikerjakan Kyoto Animation dan tentunya juga digemari oleh para penikmat anime, mulai dari Full Metal Panic! The Second Raid, Full Metal Panic! Fumoffu, Lucky Star, The Disappearance of Haruhi Suzumiya, Hyouka, Amagi Brilliant Park, High Speed! Free Starting Days, Sound! Euphonium dan Kobayashi-san Chi no Maid Dragon.

Futoshi Nishiya adalah staf yang menangani desain karakter serial anime renang Free!. Sebelum pendesain karakter, ia menjadi sutradara animasi di berbagai serial anime lain dari studio ini, seperti Hyouka, Nichijou, A Silent Voice, Lucky Star dan The Melancholy of Haruhi Suzumiya.

Sementara itu, Junichi Uda, Ami Kuriki, Sachie Tsuda, Futoshi Nishiya, Keisuke Yokota, dan Mikiko Watanabe merupakan sosok staf yang juga berkarya di studio Kyoto Animation dan turut menangani banyak sekali anime yang digarap oleh studio ini.

KAORI Nusantara turut mengucapkan bela sungkawa terhadap para korban tragedi pembakaran studio Kyoto Animation. Semoga arwah para korban dapat diterima di sisi-Nya.

KAORI Newsline | Sumber: ANN, Kyoto Shimbun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.