BAGIKAN
comiket
Plang informasi acara Comiket 96. (Comic Market Preparation Commitee)

Sebagai salah satu acara pasar komik terbesar di dunia, Comic Market (Comiket) kembali lagi pada 2019, menjelang penyelenggaraan Olimpiade 2020.

Dengan berubahnya zaman (tahun ini Jepang memasuki zaman Reiwa) dan berubahnya media konsumsi serta produksi, panitia Comiket tetap konsisten untuk mempertahankan Comiket sebagai tempat mengekspresikan “perasaan” bagi para pesertanya. Memperhatikan Olimpiade 2020, mulai tahun ini Comiket akan berlangsung selama 4 hari, yaitu dari hari Jumat (8/8) sampai Senin (12/8) dan hanya akan berlangsung di Tokyo Big Sight area Barat dan Aomi Exhibition Hall, sehubungan proses renovasi yang dilakukan di sisi timur Big Sight.

Setiap tahun, penyelenggaraan Comiket membutuhkan kertas yang sangat besar, sehingga panitia bekerja sama dengan Yayasan Kebudayaan Hutan dan menyisihkan sebagian keuntungannya. Gambar oleh Katsurai Yoshiaki. (Comic Market Preparation Commitee)
Poster resmi Comiket 96, oleh Sora Nijihashi.  (Comic Market Preparation Commitee)
Rapat panitia, sebelum acara besar dimulai. (Comic Market Preparation Commitee)

Panitia memperkirakan Comiket tahun ini akan berlangsung di bawah teriknya musim panas Jepang dengan prakiraan suhu 35 derajat dan cerah pada Jumat-Sabtu, serta potensi hujan pada Minggu dan Senin. Area penyelenggaraan Comiket kali ini telah disusun sejak hari Kamis pukul 9 pagi untuk meja lingkar partisipan, dan sejak hari Rabu malam pukul 10 malam untuk booth korporat yang berlokasi di Aomi. Terhitung ada 4.000 meja dan 16.000 kursi partisipan yang disiapkan serta 128 booth korporat yang akan berpartisipasi.

Proses penyusunan meja lingkar partisipan di Tokyo Big Sight, West. (Comic Market Preparation Commitee)
Panitia mengukur peletakan booth korporat di Aomi Exhibition Hall. Rapat panitia, sebelum acara besar dimulai. (Comic Market Preparation Commitee)
Advertisement Inline

Untuk mengantisipasi perubahan venue yang berjarak cukup jauh (jarak antara Aomi dan Big Sight sekitar 1km atau 20 menit berjalan kaki), panitia menyiapkan sejumlah toilet portabel untuk membantu pengunjung.

Baca Juga: Efek Olimpiade, Summer Comiket 2020 Digeser Bulan Mei

Sampai jumpa di Comic Market 96!

This report is also available in English.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.