BAGIKAN

Siapa yang tidak kenal dengan Monkey D. Luffy? Sosok bajak laut topi jerami yang merupakan tokoh utama dari serial One Piece ini memang cukup terkenal dan ikonik dalam blantika industri komik dan anime Jepang, sejalan dengan kepopuleran serial One Piece itu sendiri di Jepang, bahkan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Ditambah lagi dengan akting dari seiyuu Mayumi Tanaka selaku pengisi suaranya, Luffy menjadi salah seorang karakter paling populer bagi para fansnya di seluruh dunia yang senantiasa mengikuti petualangannya menjadi seorang raja bajak laut.

Sosok Mayumi Tanaka sendiri juga telah menjadi sosok yang sangat identik dengan Luffy. 20 tahun sudah dirinya menjadi seiyuu di anime One Piece, membuat Mayumi Tanaka menjadi seiyuu yang tidak terpisahkan dari Luffy. Meskipun dirinya kini tak lagi muda, dan mulai memikirkan siapa seiyuu yang akan menjadi penerusnya jika suatu saat One Piece masih terus berjalan, sementara dirinya sudah tidak ada lagi.

Lain di Jepang, lain pula di Indonesia. Sebagaimana lazimnya anime-anime yang ditayangkan di luar Jepang, termasuk Indonesia, serial anime One Piece yang pernah ditayangkan di sejumlah TV nasional pada rentang waktu 2002 hingga 2010 ini juga turut didubbing ke dalam bahasa Indonesia. Dan jika di Jepang Luffy diperankan oleh Mayumi Tanaka, maka di Indonesia rupanya terdapat lebih dari 1 seiyuu yang pernah menyuarakan Luffy ke dalam bahasa Indonesia. Di antaranya adalah Hana Bahagiana dan Purwita Dewi. Berikut inilah seiyuu-seiyuu yang pernah memerankan sosok Monkey D. Luffy versi bahasa Indonesia:

Advertisement Inline

Hana Bahagiana

Hana Bahagiana

Mendengar nama Hana Bahagiana Permata, mungkin publik lebih mengenalnya sebagai seiyuu Naruto versi bahasa Indonesia. Namun dirinya juga merupakan seiyuu dari karakter Luffy versi bahasa Indonesia. Bahkan Hana Bahagiana sempat mengaku bahwa sang bajak laut tersebut adalah karakter favorit yang pernah diperankan olehnya selama menjadi seiyuu.

Hana Bahagiana sendiri merupakan salah seorang seiyuu papan atas di Indonesia sejak debut di tahun 1995 lalu, di bawah asuhan mendiang Daryono. Selain One Piece dan Naruto, Naha Bahagiana juga sempat berperan di sejumlah anime seperti Gash Bell, Ninja Boy, Honey Bee Hutch, Digimon 02, Digimon Tamers, Digimon Frontier, Makibao, hingga serial non Jepang seperti Woody Woodpecker, Dora the Explorer hingga Code Lyokko. Intip wawancara KAORI dengan Hana Bahagiana berikut ini:

[Kaoriporter] Hana Bahagiana : Dari Peran Antagonis menuju Raja Bajak Laut

Hana Bahagiana sendiri rupanya juga bukanlah satu-satunya seiyuu Luffy di Indonesia. Meskipun dirinya adalah yang paling terkenal dan paling terlama menyuarakan Luffy ke dalam bahasa Indonesia, rupanya masih ada seiyuu yang lainnya lagi yang pernah menyuarakan sang bajak laut di Indonesia. Siapakah mereka? Selanjutnya berlanjut ke halaman kedua!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.