Arti “Nijikon” : Benar atau Salah?

    0
    Arti Ninjikon

    Hmm, istilah ini mungkin masih tergolong asing di Indonesia. Kebanyakan orang hanya tahu soal Lolicon atau Shotacon saja. Kali ini, KAI akan sedikit membahas apakah arti Nijikon itu.

    Menurut Wikipedia, Nijikon (二次コン) berarti “orang yang hanya menyukai hal-hal berwujud dua dimensi berupa anime atau manga, dan figur boneka dari karakter tersebut.”

    Arti Ninjikon

    Tertarik dengan hal ini, KAI pun mengadakan wawancara dengan beberapa orang yang memiliki pengetahuan tingkat menengah dalam hal keotakuan. KAI mengajukan beberapa pertanyaan singkat mengenai tingkat kegemaran mereka terhadap animanga.

    Advertisement Inline

    Hasilnya dapat diprediksi. Hasil wawancara KAI membuktikan mereka memang termasuk “nijikon” namun mayoritas mengelak untuk disebut demikian. Sebagian besar responden lebih suka menyebut diri sebagai orang yang “fetish” terhadap animanga dan figurin.

    Namun, para responden setuju bahwa nijikon adalah fenomena tak terbantahkan pada jaman sekarang. Terlebih memang gambar manga dan anime memang berkesan lebih menarik daripada manusia asli.

    Lantas, apa hal ini berbahaya?
    Karena belum ada penelitian ilmiah berskala besar soal ini, maka belum dapat disimpulkan seberapa besar bahayanya. Dan sebagian responden yang KAI wawancarai tak mempermasalahkan efek sampingnya.

    Nijikon tak perlu dirumitkan seperti halnya kasus lesbian atau homoseksual. Enjoy aja!

    Oleh Shin Muhammad