Idolm@ster Million Live yang merupakan salah satu komik dari serial Idolm@ster ini telah dirilis secara resmi di Indonesia melalui penerbit Elex Media Komputindo. Komik Idolm@ster Million Live sendiri ditulis oleh Yuki Monji dan diterbitkan di Jepang untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Volume kelima ini merupakan volume terakhir dari seri ini dan diterbitkan pada 12 Agustus 2020.

Ulasan kali ini merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya yang menceritakan kisah Mirai Kasuga, Shizuka Mogami, dan Tsubasa Ibuki yang direncanakan digabung dalam sebuah unit baru, namun sayangnya pembentukan unit tersebut terpaksa ditunda akibat suatu hal. Pada volume ini, akhirnya unit tersebut akan terbentuk namun sekali lagi ada suatu hal yang menghambat pembentukan unit baru ini. Inilah kisah terakhir dari perjalanan awal para idol muda tersebut dalam meraih impiannya.

Sinopsis

Idolm@ster Million Live
© 2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo

Setelah sebelumnya, dikabarkan Mirai Kasuga, Shizuka Mogami, dan Tsubasa Ibuki akan digabungkan dalam sebuah unit baru, kini pada volume terakhir ini akhirnya mereka telah dipastikan akan digabungkan dalam unit baru. Akan tetapi setelah Shizuka menjadi populer berkat penampilannya di Idol Festival, kini ia mendapatkan kesempatan lagi untuk membawanya ke Budokan, sebuah panggung impiannya semenjak menjadi idol.

Awalnya setelah selesainya Idol Festival, Shizuka berencana akan beraktivitas bersama Mirai dan Tsubasa dalam unit yang mereka idamkan sebelumnya. Akibatnya perasaan Shizuka terpisah menjadi dua impian dan panggung, akankah ia memilih panggung bersama temannya atau demi impiannya sebagai idol?

Advertisement Inline

Impiannya pasti sekarang ada di sini. Inilah volume terakhir dari awal perjalanan para gadis remaja yang mulai menapaki mimpi ini!!

Penceritaan Komik

Million Live
© 2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo
Panggung Idol Festival akhirnya dimulai, dan Shizuka Mogami bersama dengan 4 idol lainnya berkesempatan untuk tampil. Namun sewaktu penampilannya, terjadi hal yang tidak terduga, yaitu hujan telah turun pada panggung terbuka tersebut, sehingga para penonton terpaksa berteduh terlebih dahulu. Walaupun begitu Shizuka bersama idol lainnya tidak ingin menundanya, dalam keadaan hujan seperti itu, mereka menyanyikan dan menampilkan penampilan terbaik mereka walaupun para penonton sedang berteduh. Pada saat itulah hati mereka tergabung menjadi satu dan menjadikan momen penampilan mereka sebagai momen spesial bagi yang hadir pada hari itu.
Momen tersebut ditangkap oleh seorang fotografer, dan Shizuka-pun langsung menjadi populer di masyarakat. Akhirnya kita dikembalikan lagi pada kisah keseharian Mirai Kasuga dalam memulai harinya. Pada hari itu, Mirai, Shizuka, dan Tsubasa, akhirnya digabungkan secara resmi menjadi unit baru yang akan tampil bulan desember mendatang. Kebahagiaan menyuasanai ruangan tersebut, hingga suatu hari Shizuka-pun mendapatkan sebuah tiket spesial untuk tampil pada panggung impiannya, yaitu Budokan.
Dilema itulah yang dihadapkan oleh Shizuka, akankah ia menaiki panggung bersama teman yang ia sayangi atau meraih impiannya pada panggung yang telah ia idamkan sekali seumur hidup. Pilihan yang ia pilih tentu akan menyiakan salah satu kesempatan terbaik dalam kehidupannya, dalam situlah berbagai suka cita akan perjalanan mereka bertiga selama ini akan menjadi momen spesial dan terkenang dalam seri komik ini.

Penggambaran Komik

© 2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo
Banyak sekali momen-momen indah dan pedih yang tidak terlupakan atas perjalanan gadis-gadis muda ini dalam meraih impiannya menjadi idol terbaik. Momen tersebut tergambarkan dengan baik dan sangat menyentuh bahkan membuat saya merinding sekilas. Beberapa latar-pun juga digambarkan dengan baik, sehingga membuat suasana dari pembicaraan para karakter menjadi lebih menyentuh.
Namun salah satu kejutan pada komik ini adalah digambarkanlah wajah asli sang produser yang selama ini selalu tertutupi oleh bayangan hitam. Walau wajah tersebut diperlihatkan cukup sekilas, momen itulah yang membuat saya semakin ingin melihat kelanjutan dari seri ini sebenarnya, namun kisah perjalanan para idol harus berhenti di volume ini. Bukan berarti mereka telah selesai mencapai impian, namun masih banyak perjalanan yang akan dilalui mereka dan bahkan lebih sulit daripada hari ini, karena itulah saya menantikan sekali bila ada kelanjutannya lagi dari Yuki Monji.

Kesimpulan Akhir Seri

© 2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo

Volume yang baik untuk mengakhiri sebuah cerita singkat akan perjalanan awal dunia impian yang diimpikan para gadis muda dalam Idolm@ster Million Live. Saya sempat terkejut sebenarnya ketika melihat muka produser dalam komik ini, karena biasanya mukanya selalu ditutupi dan ketika saya melihatnya saya menjadi lebih semangat lagi bahwasannya ini adalah langkah awal dari dunia yang lebih terjal lagi. Banyak sekali suka cita akan perjalanan selama ini dan bahkan pada detik-detik terakhir menuju panggung yang diimpikan para idol ini. Saya cukup terharu atas perjalanan dan perjuangan yang telah mereka lewati untuk mencapai titik baru ini.

Terlepas dari itu, mungkin saya juga akan memberikan keluhan atas beberapa kata-kata yang harus diterjemahkan, seperti lagu aslinya, seperti keluhan saya sewaktu volume pertama. Lalu ada juga kata yang menurut saya misalnya judul lagu diterjemahkan, saya pikir lirik yang memang merupakan serapan juga perlu diterjemahkan juga. Selain keluhan kecil pada segi penerjemahan, saya cukup mengapresiasi juga pada beberapa volume seri komik Idolm@ster Million Live ini terdapat kata-kata yang memang masih menggunakan makna aslinya yang mana mungkin agak aneh. Namun dengan adanya penjelasan singkat menurut saya itu semakin baik. Ya saya harap mungkin judul lagu juga akan ditulis seperti itu juga.

Selain itu dalam segi penggambaran volume terakhir ini cukup penuh dengan momen-momen yang memorable baik pada saat kepedihan ketika memilih sesuatu hingga kebahagiaan atas pilihan yang diinginkan para idol muda tersebut. Oleh karena itu saya cukup merekomendasikan akhir volume Idolm@ster Million Live ini khususnya bila kalian memang hanya membaca volume 4 saja, maka volume 5 menjadi kewajiban untuk menjawab kisah Mirai, Shizuka, dan Tsubasa.

Lalu bagaimana dengan keseluruhan seri komik Idolm@ster Million Live? Bagi saya 5 volume terakhir ini telah menjadi perjalanan yang berharga untuk melihat perjalanan para gadis muda yang bermimpi menjadi idol, kini telah menjajakan kaki perdananya pada dunia yang lebih besar lagi. Melihat dari sosok mereka yang memiliki masalah pada awalnya, kini mereka dapat menimbang dan memilih pilihan yang terbaik untuk meraih impian mereka. Sebagai pembaca dan produser saya cukup berbahagia atas perjalanan mereka dan berharap besar bahwasannya pada perjalanan berikutnya mereka akan melewati berbagai rintangan yang lebih sulit lagi daripada hari ini. Namun dengan akhir yang diberikan komik ini, saya yakin bahwasannya mereka akan siap melewati tantangan tersebut. Bagi kalian yang menggemari seri The Idolm@ster, maka saya cukup merekomendasikan seri komik ini sekaligus untuk bahan bacaan sebelum rilisnya adaptasi animenya. Sementara bagi kalian yang belum tahu seri ini, maka lima volume ini akan memberikan kalian pandangan baru ketika melihat para gadis muda ini berjuang dalam meraih impian yang mereka impikan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.