BAGIKAN

loghorizon2

Apakah anda suka bermain game? Tahun 2014 ini menjadi tahun spesial bagi para penggemar game karena rilisnya beberapa seri anime yang mengetengahkan kisah mengenai game. Musim semi lalu sudah tayang seri anime No Game No Life, begitu juga dengan seri anime Sword Art Online II yang mulai tayang sejak musim panas lalu, dan musim gugur ini, kisah Shiroe, Nyanta, dan Akatsuki berlanjut dalam Log Horizon 2.

Diproduksi oleh Studio Deen, dengan arahan dari Shinji Ishihara, Log Horizon 2 tetap mempertahankan nuansa ringan dan penuh warna seperti pada musim pertamanya. Pertama kali mengudara pada 4 Oktober 2014, seri anime Log Horizon 2 dijadwalkan akan tayang sepanjang 25 episode (2-cour) dengan durasi 24 menit tiap episodenya. Log Horizon 2 tetap menyajikan genre aksi dengan balutan humor didalamnya.

Advertisement Inline

Seperti judulnya, seri anime ini merupakan sekuel langsung dari seri anime Log Horizon yang sudah tayang pada musim gugur tahun lalu. Melanjutkan kisah musim pertamanya, Shiroe dengan guild Log Horizon miliknya bersama guild lain yang tergabung dalam Round Table berhasil meramaikan suasana Akiba. Namun Akiba disini bukanlah distrik Akihabara yang ada di Jepang, melainkan kota Akiba dalam dunia game bernama Elder Tales Online. Elder Tales Online merupakan game MMORPG biasa, yang dimainkan secara biasa, namun setelah sebuah kejadian yang bernama The Apocalypse, ribuan pemain kini terjebak dalam dunia game tersebut.

log horizon 2 5

Akibat terjebak di dunia game, banyak keputusasaan yang melanda para pemain. Masalah pun mulai bermunculan satu per satu. Round Table Conference pun dibentuk untuk menyelesaikan berbagai masalah dan membuat inovasi dalam kota Akiba, seperti perselisihan antar pemain, masalah dengan NPC yang kini disebut sebagai People of The Land, dan juga menghadapi serbuan Goblin yang mengancam petualang (pemain) dan juga People of The Land. Berbagai macam festival pun diadakan untuk membangkitkan kembali semangat para pemain yang putus asa karena tidak bisa kembali ke dunia nyata.

Musim kedua Log Horizon memulai cerita saat sedang berlangsungnya festival labu di kota Akiba. Ditengah berlangsungnya festival yang meriah tersebut, Shiroe justru sedang mengadakan negosiasi dengan utusan dari klan Kunie. Negosiasi ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dilanda oleh Round Table, yakni defisit anggaran akibat penyelenggaraan berbagai festival serta biaya untuk perawatan beberapa fasilitas milik Round Table. Namun negosiasi ini berlangsung alot karena Shiroe tidak bisa mendapatkan pinjaman uang dari klan Kunie yang notabene menguasai perbankan di dunia game ini.

log horizon 2 1

Demi menyelesaikan masalah anggaran ini, Shiroe memutuskan untuk bertualang meninggalkan Akiba. Hal ini ia lakukan untuk mencari sumber dana lain dan juga atas alasan keamanan, karena saat ini diduga Akiba sedang diintai oleh mata-mata dari pihak selatan. Bersama dengan Naotsugu, Shiroe pun kembali melakukan negosiasi untuk meminta bantuan dana kepada klan Kunie di luar kota Akiba, namun hasilnya tetap sama. Otak licik Shiroe pun mulai berputar, dan ia memutuskan akan mendapatkan dana dengan cara menaklukan dungeon Depth of Palms.

Shiroe mendapat informasi bahwa dalam bagian terbawah dungeon ini terletak danau ajaib yang menampung uang dalam jumlah banyak. Utusan dari klan Kunie pun mulai mencurigai langkah Shiroe tersebut, hingga Shiroe dituduh sebagai pencuri karena danau tersebut berada dalam wilayah klan Kunie. Tantangan pun diberikan kepada utusan klan Kunie yang akan menunggu kedatangan Shiroe di tempat terdalam di dungeon Depth of Palms. Kini Shiroe menyiapkan pasukan untuk melakukan full-raid battle menaklukan Depth of Palms.

log horizon 2 3

Dalam episode-episode awal penayangannya, Log Horizon 2 berfokus menyajikan pengenalan mengenai kisah yang akan dibawakan dalam musim kedua ini. Dalam episode pertama disajikan penjelasan singkat mengenai kisah Log Horizon pada musim pertamanya. Adegan aksi pun baru ditampilkan pada episode ke-3 dari seri anime ini.

Animasi yang dibawakan pada musim kedua ini tidak terlihat terlalu berbeda. Namun dari sisi desain karakter terlihat mengalami beberapa perubahan, dibanding pada musim pertamanya, desain karakter pada Log Horizon 2 terkesan cukup kasar. Beberapa karakter yang kini memiliki penampilan cukup berbeda diantaranya adalah Akatsuki, William, dan Regan.

Tetap dikemas dengan ringan seperti pada musim sebelumnya, Log Horizon 2 masih menampilkan beberapa sajian humor ditengah cerita dan aksi yang sedang berlangsung. Tentu saja, target dari guyonan ini meyoritas menyasar kepada sosok Naotsugu yang sejak musim pertamanya memang sering terlibat dalam hal-hal yang membuat tawa. Suasana yang penuh warna pun semakin menambah kesan ringan dari seri anime ini.

Meski terhitung sebagai musim kedua, lagu pembuka yang dibawakan masih menggunakan lagu Database feat. TAKUMA (10feet) milik Man With A Mission, namun dengan animasi pembuka yang berbeda. Untuk lagu penutup musim kedua ini menggunakan lagu berjudul Wonderful Wonder World* milik talenta muda yang pada pertengahan tahun ini mengunjungi kampus UI Depok untuk mengadakan konser pertamanya di luar Jepang, yakni Yun*Chi.

Melihat dari episode-episode pertama yang disajikan, Log Horizon 2 memiliki cerita yang cukup menarik sekaligus potensial. Namun sayangnya pembawaan cerita yang menarik tersebut dibawakan dengan kurang rapih,dan kurang nyaman untuk dinikmati. Berkaca pada apa yang disajikan di episode 3, berbagai adegan pertempuran skala besar melawan Boss Monster berlangsung dengan kurang rapih dan terlalu cepat, bahkan hampir tidak terasa tensi pertempuran yang dibawakan. Episode 3 ini meski menampilkan banyak adegan pertempuran tetapi dibawakan mayoritas hanya dengan narasi dari Shiroe saja. Akhir kata, Log Horizon 2 dapat menjadi salah satu tontonan bagi anda yang menyukai tayangan hiburan yang ringan penuh warna, juga aksi yang dibalut humor.

Berikut ini adalah beberapa cuplikan dari seri anime Log Horizon 2:

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline | Diulas oleh Rafly Nugroho

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.