BAGIKAN

Perhelatan Ennichisai Blok M 2015 yang dibarengi dengan Grand Final CLAS:H 2015 kemarin telah sukses diselenggarakan dengan sangat meriah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ennichisai Blok M 2015 tahun ini diramaikan oleh sejumlah bintang tamu asal Jepang yang hadir ke Grand Final CLAS:H 2015. Salah satu diantara bintang tamu yang hadir pada akhir pekan lalu adalah seiyuu asal Jepang, Kiyono Yasuno.

Foto kiriman dari pengguna KAORI, Andira Indrawan
Foto kiriman dari pengguna KAORI, Andira Indrawan

Seiyuu yang terkenal dengan perannya di seri anime Saekano (Saenai Heroine no Sodate-Kata) ini datang tidak hanya sebagai bintang tamu di Grand Final CLAS:H 2015. Pada acara ini, Kiyono Yasuno juga menjadi juri dalam Seiyuu Contest.

Pada akhir pekan lalu, tim KAORI Newsline berhasil mewawancarai seiyuu perempuan kelahiran tahun 1989 ini. Berikut adalah wawancara Kiyono Yasuno di Grand Final CLAS:H 2015.

Advertisement Inline

Bagaimana komentar anda tentang penggemar anime di acara ini?

Saya sangat takjub dengan banyaknya penggemar anime di Indonesia dan tadi saya sempat melihat ada beberapa cosplayer dari Shingeki no Kyojin dan beberapa anime lainnya. Hal lain yang membuat saya takjub adalah banyak juga yang kenal dengan sosok Megumi Kato.

IMG_8454

Mengapa anda sebegitu takjubnya dengan para penggemar Kato?

Iya saya sungguh sangat kaget sekali di Indonesia ternyata seri anime Saekano terkenal juga ya. Dan ketika saya sedang diatas panggung tadi, banyak yang ingin mendengar suara Kato-chan yang saya seiyuukan, disitu saya merasa sangat kaget sekaligus bangga.

Lalu bagaimana komentar anda setelah tadi menjadi juri dalam seiyuu contest?

Saya senang bisa melihat bakat-bakat muda disini. Dari para peserta seiyuu contest tadi, baik pelafalan maupun penjiwaan karakternya sangat bagus-bagus sekali.

Berbicara mengenai seiyuu, apa yang menjadi motivasi anda menjadi seorang seiyuu?

Sebenarnya menjadi seiyuu adalah impian saya sejak masih kecil. Waktu kecil saya suka sekali menonton anime, dari hobi menonton tersebut saya ingin sekali suatu saat menjadi seorang seiyuu. Selain itu saya juga berlatih akting sejak kecil untuk mendalami karakter ketika menjadi seiyuu.

Sebagai seorang seiyuu, apakah ada seiyuu favorit anda?

Sedari dulu saya sangat menyukai mendiang Tomoko Kawakami, perannya di seri Hikaru no Go sangat memukau bagi saya.

Bagaimana menurut anda mengenai peran Tomoko Kawakami di seri anime Shoujo Kakumei Utena?

Sama-sama memukau seperti saat ia menyuarakan Hikaru Shindou di seri Hikaru no Go, cukup membuat saya terkesan.

Selama berkarir sebagai seiyuu, apakah hal yang menjadi kesulitan anda?

Kesulitan mungkin ketika saya mendapat peran yang sebenarnya beberapa waktu lalu karakter itu saya perankan. Misal beberapa waktu sebelumnya saya mengisi suara karakter A, lalu beberapa waktu berikutnya saya harus mengisi suara si A lagi, disaat seperti itu saya harus mengingat-ingat kembali bagaimana karakter, serta sifat dari karakter tersebut.

Anda kan juga menjadi seiyuu dalam seri anime Aikatsu, bagaimana tanggapannya mengenai para penggemar Aikatsu di Indonesia karena kini Aikatsu tayang di Indonesia?

Eh, Aikatsu ternyata juga cukup terkenal disini ya? Di Jepang sendiri aikatsu cukup populer di kalangan anak-anak perempuan. Saya senang sekali Aikatsu bisa tayang disini, saya harap seri anime idola tersebut bisa disukai oleh para penggemar anime di Indonesia.

Waktu itu anda juga pernah terlibat menjadi seiyuu dalam seri anime Chihayafuru. Bagaimana rasanya menjadi seiyuu dari 3 karakter sekaligus dalam anime tersebut?

Chihayafuru, wah saya lupa-lupa ingat pernah mengisi suara di sana. Namun pada waktu itu memang saya sempat menjadi pengisi suara dari 3 karkater pendamping di anime tersebut. Waktu itu saya terpilih karena lolos casting. Namun bagi saya peran saya di Chihayafuru masih belum terlalu maksimal sehingga belum terlalu bagus pada waktu itu. Tapi saya cukup senang juga ternyata ada ya yang ingat peran saya di Chihayafuru padahal saya sendiri tidak terlalu ingat. Saya sangat menggemari seri anime Chihayafuru.

Dalam menjalani karir sebagai seiyuu, apa tips yang biasa anda lakukan untuk mendalami suatu karakter?

Untuk mendalami peran suatu karakter saya sering melakukan berbagai latihan. Selain itu saya juga selalu berlatih bersama dengan saling berinteraksi dengan seiyuu karakter lain. Dengan interaksi tersebut saya jadi dapat memahami sifat dari karakter yang akan saya suarakan.

Selain itu saya juga sering membaca lagi skenario karakter yang akan saya suarakan. Dari situ saya bisa mempelajari bagaimana cara mendalami karakter tersebut.

Adakah karakter anime favorit?

Saya sangat menyukai sosok Kato-chan dari Saekano, dan juga Koneko dari seri Hamatora.

Bagaimana perasaan anda saat mendapat kesempatan menyuarakan karakter Kato Megumi di seri anime Saekano?

Memangnya di sini Kato-chan itu sangat terkenal sekali ya? Jujur saya kaget begitu mengetahui hal tersebut. Terima kasih karena telah menyukai Kato-chan.

Bagi saya karakter Kato-chan ini sangat menarik, karena ia adalah sosok anak perempuan yang berwajah polos. Saya juga ingin memberi tahu kepada para penggemar bahwa ada loh sosok Kato Megumi di dunia nyata.

saekano - 05

Menyuarakan karakter ini saya jadi ingat dengan salah satu teman saya. Saya memiliki teman yang memiliki sifat sangat mirip dengan Kato-chan, lengkap dengan sifat polosnya sehingga ketika mendapat kesempatan menjadi seiyuu dari Kato-chan, saya langsung ingat dengan sosok teman saya tersebut.

Dari karakter yang pernah anda suarakan, apa karakter yang paling sulit dalam hal pendalaman karakternya?

Pada musim ini, saya mengisi suara karakter di seri anime Triage X. Di seri anime tersebut saya berperan sebagai Kaori Murasaki. Jujur saat mengisi suara karakter tersebut saya cukup bingung bagaimana pendalaman karakter yang harus saya lakukan karena berbeda dengan karakter-karakter sebelumnya, karakter Kaori Murasaki ini sangat kasar karena sering mengucapkan kata-kata seperti “Bunuh…Bunuh..” atau “Matilah kau.. Matilah..”. Oleh karena itu ini karakter yang cukup susah bagi saya karena saya merasa sulit mengucapkan kata-kata mengancam seperti itu karena belum terbiasa.

IMG_8468

Apakah ada tips bagi para orang diluar sana yang ingin memulai karir sebagai seiyuu?

Di Jepang sendiri untuk menekuni pekerjaan di sektor animasi yang paling utama adalah minat. Jadi jika memang hendak menjadi animator, jika pada awalnya sudah gemar animasi maupun gemar menggambar kembangkanlah hal tersebut, begitu juga dengan seiyuu, jika memang memiliki kegemaran dibidang itu, kembangkanlah hal tersebut untuk melatih kemampuan diri.

Terakhir, bagaimana persiapan anda untuk kembali menjadi Kato Megumi di musim kedua Saekano?

Musim kedua Saekano, silahkan ditunggu saja ya kembalinya Kato-chan disana. Dan saya harap saya tidak lupa lagi bagaimana karakter Kato-chan saat kembali berperan menjadi seiyuunya lagi nanti.

KAORI Newsline | Oleh Rafly Nugroho & Irfan Dhafirwan

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.