Tokyo Metro dan Tobu Umumkan Desain KRL Seri 13000 dan 70000

0
Tokyo Metro 13000
Tokyo Metro 13000
Tokyo Metro 13000

Pada 17 Juni, operator kereta api bawah tanah dan komuter Tokyo Metro dan Tobu Railway mengumumkan bersama-sama proyek peremajaan kereta listrik (KRL) di lintas Hibiya dan Tobu Sky Tree (sebelumnya Tobu Isesaki). KRL baru ini didesain bersama dan akan memiliki nama Tokyo Metro seri 13000 dan Tobu seri 70000.

Tobu 70000
Tobu 70000

KRL Tokyo Metro seri 13000 dan Tobu seri 70000 berbeda dari KRL lain yang beroperasi di lintas Hibiya – Sky Tree sebelumnya. Panjang satu rangkaian tidak lagi 18 m dengan formasi 8 kereta, namun menjadi 20 m dengan formasi 7 kereta. Selain itu, kapasitas pendinginan lebih besar diperkenalkan di seri ini dengan daya 58kW dan penggunaan mesin PMSM (permanent magnet synchronous motor) yang menghemat daya sampai 25 persen dibandingkan dengan VVVF-IGBT konvensional.

Interior TM 13000 dan Tobu 70000.
Interior TM 13000 dan Tobu 70000.

Dari sisi interior, seluruh pojok di setiap kereta menjadi tempat duduk prioritas (di Jepang, tempat duduk prioritas sebelumnya hanya tersedia di satu ujung kereta saja), tiga layar LCD berukuran masing-masing 17 inci di atas pintu yang akan menyediakan informasi cuaca, berita, dan panduan transit, serta seat pitch yang lebih lega dan tempat untuk menaruh tas bagi wisatawan.

Dibangun oleh Kinki Sharyo, pengoperasian KRL baru ini dan penggantian KRL lama direncanakan akan dilakukan mulai tahun 2016 sampai tahun 2019.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses