Jalur KA Kuala Lumpur – Padang Besar Sudah Terelektrifikasi

1
Class 93 Train Set
Menteri Transportasi Datuk Seri Liow Tiong Lai (tengah)
Menteri Transportasi Datuk Seri Liow Tiong Lai (tengah)

Kuala Kangsar: Layanan Kereta Api Listrik dari Kuala Lumpur ke Padang Besar via Ipoh kini sudah diresmikan sejak tanggal 10 Juli 2015.

Peluncuran ini dipercepat dari rencana sebelumnya yang akan diresmikan pada bulan September.

Menteri Transportasi Datuk Seri Liow Tiong Lai mengatakan perjalanan perjalanan ini hanya dua kali sehari namun akan ditambah pada kemudian hari.

Dari Kuala Lumpur ke Padang Besar memakan waktu selama 4 jam 45 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 500 km dengan tarif sebesar RM81 atau sekitar Rp. 283.500,- (kurs Rp. 3500). Kereta Api Listrik (Electric Train Service) ini di bawah manajemen KTMB (Kereta Tanah Melayu Berhad).

Kereta Api Listrik yang digunakan disini adalah seri Class 93 Train Set yang mampu berjalan hingga kecepatan 160 km/jam.

Class 93 Train Set
Class 93 Train Set

“Kami telah membeli 10 set kereta listrik, dan setelah semua siap untuk digunakan, frekuensi akan ditingkatkan.”

“Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan perjalanan di Hari Raya, kereta akan melayani rute utara dua kali sehari,” katanya setelah uji coba salah satu kereta listrik baru dari Batu Gajah ke Kuala Kangsar.

Liow juga mengatakan ada rencana untuk memperkenalkan layanan komuter Klang Valley seperti layanan komuter di Perak, menghubungkan Kuala Kangsar-Sungai Siput-Ipoh-Kampar.

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.