BAGIKAN

Salah satu majalah komik lokal baru yang ikut meramaikan ranah perkomikan Indonesia di tahun 2015 ini adalah Kosmik Mook. Majalah ini mulai menyapa penikmat komik Indonesia dengan edisi khusus yang dicetak terbatas di acara Popcon Asia 2015 dan volume pertamanya beredar di toko-toko buku sejak 23 September 2015 (simak juga ulasan KAORI untuk edisi Popcon di sini). Pada tanggal 24 Oktober 2015, Kosmik semakin mendekatkan diri dengan pembaca dengan mengadakan acara Kosmik Gathering di toko buku Gramedia Central Park.

IMG_20151024_161851

Acara gathering ini dihadiri oleh komikus-komikus yang karyanya mengisi Kosmik Mook. Di antaranya adalah Haryadhi (Rixa), Faza Meonk (Si Juki Space Adventure), Ockto Baringbing dan Mogri (Jamu S.A.K.T.I.), Esa dan Risza Perdhana (Pavlichenko), serta Erfan Fajar dan Jaka Ady (Manungsa). Sebagai pembawa acara adalah dua tokoh dari Pionicon, yaitu Jendral Pavlichenko dan Vusya. Pengunjung yang belum memiliki Kosmik vol. 1 ditawarkan sebuah goodie bag yang berisi majalah tersebut beserta dengan sebuah poster.

Advertisement Inline

Acara dimulai dengan perkenalan komik-komik yang dimuat di Kosmik Mook vol. 1 oleh komikusnya masing-masing. Para komikus menceritakan tema cerita, sumber inspirasi, dan motivasi komik mereka. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pengunjung dengan para komikus. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah mengenai style atau gaya dari komik Indonesia. Para komikus sepakat menjawab bahwa gaya komik Indonesia itu beragam, dan yang lebih penting adalah menghasilkan komik Indonesia yang bagus dan menarik, apapun gayanya.

IMG_20151024_162853

IMG_20151024_162848

Setelah sesi tanya jawab, sesi berikutnya adalah bookstore launching dari Kosmik Mook vol. 1. Peluncuran ini dilakukan secara simbolis oleh Managing Director Kosmik, Sunny Gho, dengan perwakilan dari pihak Gramedia. Acara kemudian berlanjut dengan menampilkan teaser dari Kosmik Mook vol. 2. Salah satu komik baru yang akan hadir di volume kedua adalah Suryaraka, yang akan bercerita tentang Raden Wijaya sang pendiri Majapahit. Proyek Suryaraka ini merupakan kerjasama antara Kosmik Mook, JToku Indonesia, dan Layaria, dengan Ockto Baringbing sebagai penulis cerita komiknya. Selain itu, diumumkan juga bahwa komik baru lainnya yang akan hadir di volume kedua merupakan karya dari komikus Maulana Faris dengan judul Space Time.

Kosmik Mook vol. 2 akan tersedia di toko-toko buku Gramedia mulai tanggal 4 November 2015. Namun pembaca juga dapat melakukan pre-order untuk volume kedua ini mulai tanggal 26 Oktober. Bagi yang memesan melalui pre-order, tersedia Kosmik Box yang selain berisi Kosmik volume kedua, juga disertai dengan merchandise khusus. Untuk informasi lebih lanjut dapat dipantau melalui akun twitter Kosmik, @kosmiknetwork.

IMG_20151024_164520

IMG_20151024_164532

Setelah bincang-bincang berakhir, pengunjung yang telah memiliki Kosmik vol. 1 diperkenankan untuk memperoleh tanda tangan dari para komikus yang hadir. Tidak hanya meminta tanda tangan, pengunjung juga memanfaatkan kesempatan untuk berfoto bersama dengan Pavlichenko dan Vusya. Acara ini berlangsung dengan sangat akrab dan diwarnai dengan canda-canda yang memancing gelak tawa pengunjung.

KAORI Newsline | Oleh Halimun Muhammad | Foto oleh Rafly Nugroho

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.