Uji Coba KRL seri 6000 Rangkaian 6115F Pasca PAL

0

Pada Senin (23/11) kemarin, rangkaian kereta rel listrik (KRL) seri 6000 eks-Tokyo Metro jalur Chiyoda, trainset 6115F (K1 1 11 31-40) menjalani uji coba dinamis setelah selesai melewati pemeliharaan akhir lengkap (PAL) di Depo KRL Depok, Jawa Barat sejak awal Oktober lalu. Seperti biasa rangkaian KRL pasca PAL harus menjalani uji coba statis dan dinamis untuk memastikan seluruh fungsi pada kereta bekerja dengan sempurna.

Seperti biasanya, uji coba dilakukan dengan perjalanan kereta api luar biasa (KLB) relasi Depok – Manggarai – Bogor – Depok. KLB KRL ini berangkat dari stasiun Depok pukul 10:22 WIB dan tiba di Manggarai pukul 10:57. Setelah berhenti sejenak untuk pengecekan dan berpindah kabin, KLB berangkat kembali dari Manggarai pukul 11:11, dan tiba di Bogor pukul 12:17.

DSC_1887
KLB KRL percobaan seri 6000 – 6115F di stasiun Universitas Indonesia

Seperti biasa, di stasiun Bogor KLB berhenti cukup lama karena pengecekan lanjutan dan waktu istirahat bagi kru KA. KLB kemudian berangkat kembali dari stasiun Bogor pukul 12:52, dan tiba di stasiun Depok pukul 13:21 untuk selanjutnya kembali ke Depo KRL Depok.

DSC_1890
KLB KRL percobaan seri 6000 – 6115F melintas stasiun Universitas Indonesia

Uniknya, penomoran sarana kereta versi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pada rangkaian ini telah menggunakan format yang sesuai dengan yang tercantum pada peraturan dinas (PD) 8B PT Kereta Api Indonesia (KAI) tentang Kereta Rel Listrik, dengan dicantumkannya tahun pembuatan kereta pada kotak tulisan (text box) nomor sarana KRL.

Advertisement Inline
DSC_1889
Sudah mencantumkan tahun pembuatan -> TP – 1974

Setiap selesai menjalani PAL, Uji coba dinamis KRL wajib dilakukan untuk menagetahui kondisi rangkaian KRL, apakah siap berdinas atau masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Dalam perjalanan KLB KRL percobaan harus melakukan aneka uji fungsi secara lengkap dan cermat seperti uji coba kecepatan tinggi, uji pengereman dan pengukuran jarak pengereman, hingga uji coba fungsi deadman pedal dan emergency brake sebagai perangkat keamanan dalam perjalanan.

PAL atau pemeliharaan akhir lengkap pada KRL adalah aktivitas pemeliharaan terakhir secara menyeluruh dalam periode 2 tahun, dimulai sejak KRL tersebut mulai dinas atau selesai menjalani PA pada periode sebelumnya. PAL meliputi pemeriksaan dan perbaikan secara lengkap dan menyeluruh seluruh komponen dan bagian pada KRL agar kondisi KRL tetap prima.

KRL seri 6000 eks-Tokyo Metro jalur Chiyoda, rangkaian 6115F adalah salah satu rangkaian yang milik PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang didatangkan pada awal tahun 2011, dan memulai dinasnya di Jabodetabek pada 22 September 2011 silam. Rangkaian ini sebelumnya sudah pernah menjalani PAL yang rampung pada 31 Juli 2013 lalu, dan mendapat giliran PAL kembali pada bulan Oktober 2015.

Cemplus Newsline by KAORI | Faris Fadhli

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.