Loket Asli Stasiun Jakarta Kota Diaktifkan Kembali

0
Lokasi loket baru di Stasiun Jakata Kota | Fasubkhanali
Lokasi loket baru di Stasiun Jakata Kota | Fasubkhanali
Lokasi loket baru di Stasiun Jakata Kota | Fasubkhanali

Terhitung mulai Kamis, 26 November 2015, loket tiket perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line di stasiun Jakarta Kota resmi berpindah tempat. Sebelumnya, area loket Commuter Line berada di sebelah selatan Stasiun Jakarta Kota. Lokasi baru untuk loket Commuter Line tersedia di Hall utama stasiun Jakarta Kota yang berada tepat di depan gate e-ticketing masuk dan keluar stasiun Jakarta Kota. Perpindahan ini dilakukan untuk mengurai antrian penumpang KRL di loket yang semakin meningkat jumlah dan volume pergerakannya di stasiun besar kelas A milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta ini.

Sejatinya, area loket “baru” ini merupakan lokasi loket asli stasiun Jakarta Kota, yang difungsikan sejak stasiun ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Terdiri dari 8 loket, penumpang mengantri untuk membeli tiket perjalanan disini. Sebelumnya, area loket asli ini sempat dinonaktifkan selama bertahun-tahun lamanya. Saat ini, dengan meningkatnya volume penumpang, akhirnya area loket ini diaktifkan kembali. Hanya saja, jika dahulu loket asli ini melayani penjualan tiket KRL dan KA Jarak jauh, saat ini loket asli tersebut hanya digunakan untuk penjualan tiket KRL saja.

Loket baru di Hall Stasiun Jakarta Kota
Loket baru di Hall Stasiun Jakarta Kota

Pada lokasi baru ini, disediakan sebanyak 8 loket untuk melayani penjualan tiket Commuter Line Jabodetabek. Walau sejatinya jumlah ini berkurang dari sebelumnya berjumlah 10 loket untuk melayani penjualan tiket KRL Commuter Line, namun diharapkan di area loket baru ini, antrian dapat lebih terurai karena area loket yang luas dan dapat menampung antrian penumpang dalam jumlah banyak dibanding lokasi loket sebelumnya, dengan jumlah yang lebih banyak namun terletak di area yang sempit. Sementara itu, lokasi loket penjualan tiket KA Jarak Jauh maupun Lokal tidak mengalami perpindahan dan tetap berada di sebelah utara Stasiun Jakarta Kota.

Cemplus Newsline by KAORI | Fasubkhanali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.