KRL seri 733-1000 | Sumber: Railway Gazette

JR Hokkaido akan meluncurkan KRL Seri 733-1000 untuk layanan feeder di jalur Hakodate. Rencananya, KRL ini akan diluncurkan pada tanggal 26 Maret 2016 yang bertepatan dengan pembukaan tahap pertama dari Hokkaido Shinkansen.

Tiga set rangkaian seri 733-1000 dibuat untuk beroperasi sebagai KRL feeder yang menghubungkan Hakodate dengan stasiun Shin-Hakodate-Hokuto yang merupakan stasiun baru Hokkaido Shinkansen di utara kota. Beroperasi sebagai stasiun terminus, stasiun ini juga menghubungkan jalur ke Sapporo.

JR Hokkaido berencana untuk mengoperasikan 16 perjalanan feeder per hari yang menghubungkan stasiun terminus Shinkansen dengan stasiun yang ada di pusat kota. Selain itu, akan ada juga 12 Super Hokuto dan Hokuto Limited Express yang akan melayani jalur antara Hakodate dengan Sapporo.

Advertisement Inline
KRL seri 733 | Sumber: Wikipedia
KRL seri 733 | Sumber: Wikipedia

KRL seri 733 ini berbodi stainless stell dan sebelumnya pernah dikenalkan di Sapporo pada Juni 2012. Dibuat oleh Kawasaki Heavy Industries dengan total sebanyak 21 unit ditambah 6 unit seri 733-3000 yang sudah diluncurkan pada tahun 2014 sebagai rapid service antara Sapporo dengan bandara Chitose.

Pembukaan Hokkaido Shinkansen menunggu penarikan dari kereta Super Hakucho dan Hakucho Limited Express antara Shin-Aomori dan Hakodate, Hamanasu Express antara Aomori dan Sapporo,  dan kereta api malam Cassiopeia antara Tokyo dan Sapporo.

Cemplus Newsline by KAORI | Fasubkhanali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.