BAGIKAN

Operator kereta api (KA) nasional, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai membangun stasiun Sudirman Baru di dekat kawasan bisnis dan perkantoran Sudirman, Jakarta Pusat. Lokasi stasiun ini berada di antara stasiun Sudirman dan stasiun Karet atau tepatnya berada di seberang hotel Shangri-La. Stasiun paling anyar di Jakarta ini nantinya akan digunakan untuk stasiun pemberhentian KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Stasiun ini juga akan terhubung dengan stasiun bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang lokasinya cukup berdekatan. Stasiun ini ditargetkan akan selesai dan siap melayani penumpang pada semester I tahun 2017.

Pada tahap awal hingga Maret 2016, dilakukan pembongkaran rumah-rumah maupun bangunan non-permanen yang berada di lahan bakal stasiun Sudirman baru ini. Pembongkaran ini dilakukan oleh warga yang tinggal di bangunan tersebut, batas waktu pembongkaran bangunan ini menurut KAI hingga minggu pertama bulan Maret 2016. Menurut data dan perhitungan KAI, setidaknya terdapat 40 rumah warga yang harus dibongkar untuk dijadikan stasiun Sudirman Baru ini.

Masa konstruksi akan segera dimulai setelah pembongkaran dan perapihan areal selesai, dengan harapan pembangunan stasiun khusus KA Bandara ini dapat diselesaikan tepat waktu dan segera dioperasikan saat layanan KA bandara Soekarno-Hatta telah resmi beroperasi. Walau demikian, rencananya stasiun ini juga akan melayani perjalanan KRL Commuter Line untuk penumpang KRL Jabodetabek dari berbagai daerah di sekitar Ibukota yang akan bepergian menuju bandara Soekarno-Hatta ataupun sebaliknya.

Advertisement Inline

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.