Presiden Jokowi Kunjungi Proyek LRT Palembang

0
Presiden Jokowi Kunjungi Proyek LRT Palembang

Usai meresmikan groundbreaking proyek rel layang di Medan sehari sebelumnya, pada Kamis (3/3/2016) Presiden Joko Widodo beserta Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kembali meninjau proyek kereta api di pulau Sumatera, yaitu LRT Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengunjungi proyek LRT zona 1 yang berada di sekitar Bandara Sultan Mahmud Baddarudin dan menyaksikan progres kemajuan proyek tersebut, diantara sudah banyak tiang yang terbangun.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden turut didampingi oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Menurut Alex Noerdin, selama ini proyek tersebut masih belum mendapat hambatan berarti.

LRT Palembang merupakan proyek transportasi publik yang dibangun untuk membantu menyelesaikan masalah kemacetan di Palembang sekaligus persiapan untuk menyongsong Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta. Jalur LRT Palembang akan membentang sepanjang 22 kilometer, menghubungkan Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Jakabaring Sport Center yang akan menjadi venue Asian Games 2018.

Kontraktor dari proyek ini adalah PT Waskita Karya sementara operator kereta dan jalurnya akan diserahkan ke PT Kereta Api Indonesia (KAI). Rencananya pembangunan akan dimulai pada Januari 2016 dan akan selesai pada 2017 akhir dan ditargetkan mulai beroperasi pertengahan 2018 atau sebelum dimulainya Asian Games. Pendanaannya sendiri akan menggunakan anggaran Kemenhub sebesar 7 Triliun Rupiah dan akan dibayarkan melalui APBN 2017 dan 2018.

Cemplus Newsline | oleh Amri

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.