Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, sebuah festival digelar di sepanjang aliran sungai Serayu dari Sokawera – Bendung Gerak Serayu yaitu Festival Serayu 2016 pada hari Minggu (22/5). Sejumlah kapal hias dari institusi pemerintah dan komunitas masyarakat wilayah Banyumas dan sekitarnya ikut serta dalam festival ini. Namun, ada satu kapal hias dengan bentuk yang unik menyita perhatian masyarakat yang hadir dalam festival tersebut.

Sebuah kapal hias milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto dengan bentuk seperti rangkaian kereta api (KA) seketika langsung menarik perhatian para penonton yang berada di lokasi. Rangkaian “kereta” air ini terdiri dari 3 kapal yang dirangkai menjadi satu layaknya kereta pada umumnya. Masing-masing kapal ini telah dibentuk menjadi sebuah lokomotif dengan nomor CC 203 31 pada kapal yang paling depan, serta kereta penumpang kelas eksekutif pada 2 kapal di belakangnya.

Rangkaian “kereta” air ini diawaki oleh VP Daop 5, Safrudiansyah yang bertindak sebagai masinis, Manager Humas Daop 5, Surono sebagai asisten masinis. Tidak ketinggalan, jajaran pegawai kantor Daop 5 Purwokerto juga turut serta ikut memeriahkan kapal hias ini dengan ber-cosplay karakter pewayangan seperti lakon Bima, Petruk, Bawor, dll.

Para pegawai yang sedang ber-cosplay terlihat berada di dalam kapal hias tersebut | Foto: Garda Wardana
Para pegawai PT KAI Daop 5 yang sedang ber-cosplay terlihat berada di dalam kapal hias tersebut | Foto: Garda Wardana

Selain ber-cosplay, beberapa pegawai PT KAI Daop 5 dari bagian sarana yang tergabung dalam grup kentongan “KepoLima” Purwokerto turut serta menghibur masyarakat yang menonton di Bendung Gerak Serayu.

Grup Kentongan "KepoLima" yang beranggotakan pegawai PT KAI Daop 5 bagian sarana | Foto: Garda Wardana
Grup Kentongan “KepoLima” yang beranggotakan pegawai PT KAI Daop 5 bagian sarana | Foto: Garda Wardana

Festival Serayu 2016 ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Bupati Banyumas, serta jajaran pegawai pemerintahan Kabupaten Banyumas.

Acara ini berlangsung sangat meriah dan semarak walaupun dibawah terik matahari. Cuaca panas yang menyengat tidak menyurutkan antusiasme masyarakat Banyumas dan sekitarnya untuk menonton festival tersebut. Bentuk kapal yang unik dan menarik serta beberapa hiburan lain seperti aksi grup kentongan tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang ikut menonton festival ini.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.